Seksi Penmad Kemenag Rohil gelar sosialisasi akreditasi madrasah sasaran tahun 2018

Ditulis Oleh riaurohil Senin, 08 Oktober 2018, 09:31

Rokan Hilir (inmas)- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hilir, H. Agustiar, S.Ag, bersama Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Drs. H. Naini, M.Pd.I membuka secara resmi Sosialisasi Akreditasi Madrasah sasaran Tahun 2018, Kamis (4/10/18) bertempat di Aula kantor lantai II.

Sosialisasi dengan menghadirkan nara sumber yang telah mengikuti sosialisasi akreditasi sekolah/madrasah sekaligus pengawas madrasah Kemenag Rohil (Amirudin, S.Pd.I, M.Pd) ini dihadiri oleh 51 orang Kepala Madrasah dan operator dari MI, MTs dan MA yang akan diakreditasi pada tahun 2018 ini.

Kakan Kemenag Kab. Rohil dalam sambutannya mengungkapkan bahwa akreditasi sekolah/madrasah merupakan proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan. Dalam hal ini adalah yang dimana hasilnya diwujudkan dalam bentuk sertifikat pengakuan dan peringkat kelayakan yang dikeluarkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan professional, dimana untuk sekolah nantinya dinilai oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M).

Lebih lanjut H. Agustiar mengatakan bahwa Ada beberapa standar penilaian seperti yang tertuang dalam PP No 19 Tahun 2015 yang harus dijadikan acuan guna memetakan secara utuh profil kualitas sekolah/madrasah meliputi; standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan.

“bagi madrasah yang belum terakreditasi sebagaimana ketentuan, tidak bisa menjadi madrasah penyelenggara ujian nasional, harus bergabung dengan madrasah lain dan bahkan Kepala madrasahnya tidak bisa menandatangani ijazah siswa-siswinya,” H. Agus menegaskan.

Berkenaan dengan Hal tersebut, H. Agustiar menghimbau kepada seluruh Kepala Madrasah untuk dapat segera mempersiapkan segala hal dan sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan madrasah guna memenuhi standar yang dimaksud, sehingga segala proses akreditasi yang dalam waktu dekat ini akan dilakasanakan oleh Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah Provinsi Riau terhadap Madarasah yang ada di Kab. Rokan Hilir ini dapat berjalan dengan baik dan memperolah hasil yang maksimal.

Acara dilanjutkan paparan dalam bentuk presentase tentang akreditasi madrasah oleh Amiruddin, S.Pd.I, M.Pd, Pengawas madrasah Kemenag Rohil yang mengerti betul apa itu akreditasi dan bagaimana memenuhinya agar mendapatkan nilai maksimal.

Sementara itu Kasi Penmad, Drs. H. Naini, M.Pd.I ditemui inmas usai acara tersebut mengatakan, jumlah awal madrasah yang akan diakreditasi 51 madrasah. Namun setelah dilakukan pengecekan dilapangan yang dinilai siap mengjadapai akredatasi berkurang 5 madrasah menjadi 45 madrasah.

“diantara faktornya adalah masih minimnya data pendukung yang dimiliki madrasah tersebut,” ungkapnya. (Nsh)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya