Pembimas Kristen Kanwil Kemenag Riau beri Materi Kegiatan Peningkatan Kinerja Guru PAK

Ditulis Oleh riaudumai Senin, 17 September 2018, 20:26

Pembimas Kristen Kanwil Kemenag Riau Sahat L Sihombing jelaskan materi dalam Kegiatan Peningkatan Kinerja Guru PAK

Dumai (Inmas) - Guru Pendidikan Agama Kristen memiliki peranan penting bagi peningkatan mutu SDM masa depan. Guru PAK merupakan tenaga profesional yang melakukan tugas pokok dan fungsi meningkatkan Iman/Spritual, pengetahuan, keterampilan, serta integritas peserta didik sebagai aset manusia Indonesia masa depan. Demikian disampaikan Pembimas Kristen Kanwil Kemenag Provinsi Riau Sahat L Sihombing, S.PAK.,M.Pd didampingi moderator Harmendra,M.Kom saat menyampaikan materi dalam Kegiatan Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) di lingkungan Kementerian Agama Kota Dumai, sabtu (15/09) sekira pukul 13.30 WIB yang bertempat di aula Kantor Kementerian Agama Kota Dumai.

Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) juga memiliki peran sebagai konselor bagi siswanya, baik untuk mengatasi permasalahan akademik maupun kepribadian siswa. Pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab, jelasnya.

Lebih lanjut, Sahat menjelaskan guru yang profesional adalah guru yang mampu membawa peserta didik memahami serta menjalankan nilai-nilai agama yang dipelajarinya. Dengan demikian, guru pendidikan agama Kristen yang profesional adalah guru pendidikan agama Kristen yang melaksnakan tugas mengajar dan mendidik di bidang pendidikan agama Kristen dengan mengandalkan kemampuan dan karekter yang tinggi dan mengacu kepada sosok Yesus sebagai Guru Agung.

Menjadi seorang guru yang profesional dalam suatu bidang atau mata pelajaran, maka seorang guru perlu memiliki persyaratan untuk memastikan bahwa seorang guru tersebut sudah layak untuk mengajar.  Beberapa persyaratan itu diantaranya, Memiliki Kualitas Pendidikan Yang Memadai, Memiliki Kompetensi Mengajar, Memiliki Karunia dan Pengalaman Rohani Memiliki Keteladanan,ungkap Pembimas Kristen Kanwil Kemenag Provinsi Riau ini.(jaka)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya