H Syafwan : Pendidikan adalah Modal Dasar Menciptakan SDM yang Unggul

Ditulis Oleh riaudumai Senin, 17 September 2018, 20:23

Kakan Kemenag Dumai H Syafwan paparkan materi dalam Kegiatan Peningkatan Kinerja Guru PAK

Dumai (Inmas) – Pendidikan adalah modal dasar untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Pendidik dalam proses belajar-mengajar memiliki peran kunci dalam menentukan kualitas pembelajaran. Demikian dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Dumai Drs.H.Syafwan didampingi Moderator Deslinawati,S.Kom saat menyampaikan materi dalam Kegiatan Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) di lingkungan Kementerian Agama Kota Dumai, sabtu (15/09) sekira pukul 09.30 WIB yang dipusatkan di aula Kantor Kementerian Agama Kota Dumai.

Guru diharapkan dapat menunjukkan kepada siswa tentang bagaimana cara mendapatkan pengetahuan (kognitif), sikap dan nilai (afektif) dan keterampilan (psikomotor). Dengan kata lain tugas dan peran pendidik yang utama adalah terletak pada aspek pembelajaran. Pembelajaran merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa, kualitas pendidikan sangat dipengaruhi oleh kualitas pendidiknya, jelasnya.

Lebih lanjut, Kakan Kemenag menjelaskan, dalam UU Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003 pasal 29 ayat 2 menyebutkan bahwa, pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan. Dalam konteks sistem pendidikan nasional tersebut, seorang pendidik harus memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Agar bisa mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut seorang pendidik dianggap mampu menjadi pendidik apabila memiliki kemampuan, yang menurut UU Sisdiknas telah dijelaskan bahwa pendidik agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional, dituntut memiliki empat kompetensi, yakni kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial, pungkas H.Syafwan yang merupakan mantan Kasi Pendidikan Islam Kemenag Dumai tahun 2013 ini.(jaka)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya