Yundri Akhyar : ‘ Dimensi Manusia Dalam Al-Qur’an”.

Ditulis Oleh riaupku Jum'at, 10 Agustus 2018, 13:34


Pekanbaru (Inmas) Bertempat di studio RRI Kota Pekanbaru, Dr.Yundri Akhyar, MA memberikan tausiah secara live pada pukul 08 s/d 09 WIB dengan judul Dimensi Manusia Dalam Al-Qur’an. Jum'at (10/08).

Menurutnya Urgensi kajian manusia, manusia itu adalah diri kita sendiri yang punya keunikan dan varian yang berbeda antara satu sama yang lainnya. Manusia tidak ada yang sama, Barangsiapa yang mengenal dirinya maka dia mengenal Tuhannya. Manusia mikro cosmos dari alam semesta, bukan hanya sekadar air dan energi saja  yang ada pada diri manusia tetapi seluruh isi bumi ini terepleksi pada diri manusia. Contoh di bumi ada gunung di diri kita ada tulang, kepala ibarat langit, pandangan pada diri kita  bagaikan matahari, rambut manusia bagaikan tumbuh-tumbuhan dan sebagainya.Begitu pentingnya manusia sehingga apa yang ada dibumi ini ada pada manusia. Papar Yundri

Ada empat dimensi manusia di dalam al-Qur’an. Perama, Dimensi Fisik-Biologis (al-Bashar), seperti manusia butuh makan dan minum, berpakaian dan berkeluarga. Kedua ,Dimensi Spritual (al-insan) yaitu manusia butuh beribadah kepada Allah dalam memperkuat potensi ruhnya. Ketiga Dimensi Sosial (An Nas), yaitu manusia butuh bersosislisasi dengan masyarakat, saling peduli dan tolong menolong, ia tidak bisa hidup sendirian. Keempat Dimensi intelektual (Ibnu Adam) yaitu manusia adalah pembelajar, ia mesti terus menerus mengikuti pendidikan hingga akhir hayat. Lanjutnya.

Keempat dimensi diatas mesti diseimbangkan agar manusia memperoleh kebahagian dunia dan akhirat. Tutup Yundri. (Idris).                

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya