Terapkan Pola Hidup Sehat, MIN 1 Gelar Gerakan Sarapan Bersama Sebelum Belajar

Ditulis Oleh imuss Jum'at, 10 Agustus 2018, 11:34

suasana saat sarapan bersama

Pekanbaru (Inmas)- Mulai awal semester tahun ajaran baru ini MIN 1 Pekanbaru melaksanakan gerakan sarapan pagi bersama di sekolah.  Kegiatan ini merupakan salah satu pembiasaan rutin setiap Rabu pagi sebelum pembelajaran berlangsung.  Bertempat di aula serbaguna MIN 1 seluruh siswa dari kelas 1 hingga kelas 6 sarapan bersama dengan membawa bekal dari rumah masing-masing.

Tidak hanya menahan rasa lapar, sarapan memenuhi kebutuhan energi dan gizi siswa untuk belajar, bermain dan berolah raga sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa.  

Kepala Madrasah MIN 1 Fitrisma Rais, M.Pd, Jumat (10/8/2018) menjelaskan, kegiatan sarapan bersama juga dalam upaya menumbuhkan karakter positif pada diri siswa seperti peduli, tertib, disiplin, tenggang rasa, bertanggung jawab dan religius. 

Saat sarapan mereka bisa berbagi dengan teman yang kebetulan terlupa membawa bekal, harus tertib memulai dan mengakhiri sarapan, tidak melakukan hal-hal yang membuat tidak nyaman teman di sampingnya, bertanggung jawab terhadap sampah atau remah nasi yang tercecer dan mempraktikkan adab makan sesuai anjuran agama,” jelasnya.

Ia menambahkan, selain itu, kegiatan tersebut juga menanamkan pola hidup sehat bagi siswa serta untuk mewujudkan MIN 1 sebagai sekolah sehat.  Sekolah sehat bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi siswa salah satunya dengan penerapan pola hidup bersih dan sehat.

Untuk menanamkan pola hidup sehat , siswa juga diajarkan mengenai makanan sehat, memilih jajanan sehat, cara gosok gigi yang benar, cara cuci tangan yang benar dan kebiasaan positif lainnya. Juga pembinaan kader kesehatan atau dokter kecil yang ditunjuk dari setiap kelas.  “Kegiatan ini merupakan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di bawah binaan Puskesmas Kecamatan Pekanbaru Kota,” ungkapnya. (mus/rls)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya