Sebelum Menikah, Puluhan Pasangan Catin Ikuti Bimbingan Perkawinan Pranikah

Ditulis Oleh aguskampar Kamis, 09 Agustus 2018, 16:30

Kampar (Inmas) – Sebelum menikah, puluhan pasangan Calon Pengantin (Catin ikuti Bimbingan Perkawinan Pranikah. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar Drs H Alfian MAg, melalui Kasi Bimbingan Masyarakat Islam H Maswir MA, hari kamis (09/08/2018) diruang kerjanya.

Maswir menatakan, Hingga hari ini, sudah 2 angkatan yang kita laksanakan. Setiap angkatan berjumlah 30 pasangan Calon Pengantin atau sebanyak 60 orang. Ini artinya sudah 60 pasangan Catin atau 120 orang yang kita bombing sebelum melakukan perkawinan parnikah.

Lebih lanjut Maswir menjelaskan, Bimbingan perkawinan pra nikah bagi calon pengantin  atau sering juga disebut Kursus calon pengantin (Suscatin) merupakan salah satu program yang  digiatkan pada jajaran Kantor Kementerian Agama Kab.Kampar.

Kegiatan Bimbingan Perkawinan merupakan program Kementerian Agama RI yang dibiayai dari  PNBP NR.  Dasar Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan  berdasarkan Keputusan Dirjen Bimas Islam No. 379/2018, tentang Petunjuk pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Bagi calon Pengantin, dan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar Nomor 2016 tahun 2018, tentang pelaksanaan bimbingan perkawinan pranikah bagi Calon Pengantin (Catin) angkatan I dan 2, terang Maswir.

Bimbingan Perkawinan pra nikah bagi calon pengantin  ini adalah merupakan ikhtiar pemerintah melihat tingginya tingkat perceraian yang terjadi. Selain itu diharapkan Calon Pengantin (Catin) bisa membangun keluarga yang mempunyai pondasi yang kokoh,  karena banyak pasangan Catin yang belum tahu cara mengelola keluarga. Dan dengan kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan keluarga yang sakinah mawaddah warrohmah, pungkas Maswir. (Ags/Usm)


kembali ke daftar berita

Berita Lainnya