Kemenag Siak Study Banding ke Kantor Kemenag Dumai

Ditulis Oleh riaudumai Rabu, 08 Agustus 2018, 11:23

Kasi Pendis Kemenag Dumai H Ade A Yani foto bersama Staf Subbag TU Kemenag Kab Siak Pebri Edy dan Guniyanto

Dumai (Inmas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak study banding ke Kantor Kementerian Agama Kota Dumai dalam rangka silaturrahim dan penjaringan informasi terkait Kelurahan Sadar Kerukunan di Kota Dumai, yang mana Kelurahan Gurun Panjang di Kota Dumai pada tahun 2017 telah ditetapkan sebagai model percontohan Kelurahan Sadar Kerukunan tingkat Provinsi Riau melalui Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau nomor 425 Tahun 2017.

Dalam kesempatan tersebut, Kakan Kemenag Kota Dumai diwakili Kasi Pendidikan Islam Drs.H.Ade A Yani, M.Pd.I sambut hangat kedatangan rekan-rekan dari Kantor Kemenag Kabupaten Siak Pebri Edy dan Guniyanto,S.Sos, selasa (07/08) sekira pukul 11.00 WIB.

Guniyanto yang merupakan Pengembang Forum Kerukunan Umat pada Subbag Tata Usaha Kemenag Siak ini mengatakan bahwa kedatangan kami dari Kemenag Siak ingin melakukan penjaringan dan penggalian informasi terkait kriteria, indikator dan apa saja yang harus dipersiapkan dalam usulan menjadi model desa/kelurahan sadar kerukunan.

“Insya Allah Kabupaten Siak optimis pada tahun 2018 ini akan menjadi model desa sadar kerukunan,” tutur Guniyanto dan Pebri Edy sambil tertawa ringan ketika berbincang-bincang bersama Kasi Pendis Kemenag Dumai H.Ade A Yani.

Disamping itu, Kasi Pendis H.Ade menjelaskan kriteria-kriteria kelurahan sadar kerukunan diantaranya pada kelurahan tersebut memiliki 6 agama yang diakui di Indonesia, keragaman budaya, keragaman bahasa, perilaku dan sikap toleransi antar pemeluk agama dalam keseharian. Inilah yang menjadi indikator Kelurahan sadar kerukunan, jelasnya.

“Alhamdulillah dengan telah memenuhi kriteria dan indikator tersebut, Kelurahan Gurun Panjang di Kota Dumai pada tahun 2017 menjadi model percontohan Kelurahan sadar kerukunan tingkat Provinsi Riau,” ungkap Mantan Kepala MTs.N.2 Kota Dumai ini.(jaka)


kembali ke daftar berita

Berita Lainnya