Program PTSL, Kantor Pertanahan Dumai Rangkul Kemenag Dumai

Ditulis Oleh riaudumai Rabu, 08 Agustus 2018, 11:17

Usai rakor, Plh.Kakan Kemenang Dumai H.Zulkifli foto bersama Kakan Pertanahan Kota Dumai Robert H Sirait dan peserta rapat

Dumai (Inmas) – Kantor Pertanahan Kota Dumai gelar rapat koordinasi awal terkait kesepakatan pembuatan MOU tanah wakaf dan rumah ibadah dalam program (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) PTSL bersama Kantor Kementerian Agama Kota Dumai yang bertempat di ruang mediasi Kantor Pertanahan Kota Dumai, selasa (31/07) sekira pukul 15.00 WIB.

Setiba di Kantor Pertanahan, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Dumai Drs.H.Zulkifli disambut hangat Kepala Kantor Pertanahan Kota Dumai  Robert H Sirait,ST.,M.Si didampingi Kasi Infrastruktur Pertanahan Andi Mulyanto,S.ST dan Kasi Hubungan Hukum Pertanahan Indrie Kartika Dewi,SIP. Hadir Penyelenggara Kristen Kemenag Dumai Rode Manurung,S.PAK, Plh.Penyelenggara Syariah Khairul Fikri,SHI, Perencana Kemenag Dumai Harmendra,M.Kom, Ka.KUA Kec.Dumai Timur H.As’ad,S.Ag, Ka.KUA Kec.Dumai Barat Ahmad Jupendri,S.Ag, Ka.KUA Kec.Dumai Kota Surya Hudaya,S.Ag dan Ka.KUA Kec.Sungai Sembilan H.Aspaludin,SHI.

Dalam rapat tersebut, Kakan Pertanahan Robert mengatakan dalam program PTSL tahun 2018 ini, kita mensertifikatkan 8000 bidang pada 4 Kecamatan di Kota Dumai diantaranya Kecamatan Dumai Timur, Dumai Kota, Dumai Barat, dan Sungai Sembilan. Program PTSL ini meliputi wakaf, UKM, warga masyarakat dan nelayan.

Robert menjelaskan pelaksanaan kegiatan PTSL adalah program pemerintah pusat melalui Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala BPN RI nomor 12 tahun 2017  tentang Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap dan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala BPN RI nomor 6 tahun 2018 tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Tujuan PTSL ini diantaranya untuk mempercepat pemberian perlindungan hukum secara pasti, sederhana, cepat, aman merata serta akuntabel sehingga meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat serta menghindari konflik khususnya masyarakat di Kota Dumai,” ungkap Kakan Pertanahan Kota Dumai.

Robert meminta kepada Kemenag Dumai khususnya pada KUA Kecamatan agar dapat mengajukan PTSL wakaf dan rumah ibadah.

Menanggapi tersebut, Plh.Kakan Kemenang Dumai H.Zulkifli mengucapkan terima kasih kepada Kakan Pertanahan dan ia juga meminta kepada Kepala KUA yang hadir agar dapat memastikan berapa jumlah pengajuan PTSL untuk 4 Kecamatan tersebut. Dalam pengajuan PTSL tahun 2018, KUA Kec.Dumai Timur mengajukan 10 sertifikat rumah ibadah, KUA Kec.Dumai Barat 15, KUA Kec.Dumai Kota 5 dan KUA Kec.Sungai Sembilan 12 sertifikat.

“Mengingat dan menimbang dalam hal ini juga kita harus mempersiapkan dokumen dan berkas, untuk sementara ini, itu jumlah dari pengajuan tiap kecamatan, tapi bisa jadi lebih dari jumlah tersebut,” ungkap H.Zulkifli.(jaka)


kembali ke daftar berita

Berita Lainnya