Jalin Hubungan Harmonis, Rektor UIN Suka Riau yang Baru Bertandang ke Kemenag Riau

Ditulis Oleh imuss Kamis, 12 Juli 2018, 14:40

Riau (Inmas)- Dalam rangka menjalin hubungan yang lebih harmonis sekaligus mensinergikan kembali program Kemenag dan UIN, Rektor baru UIN Suska Riau yang baru dilantik awal Juli 2018 kemarin, Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, M.Ag bersama unsur pimpinan lainnya bertandang ke Kanwil Kemenag Riau, Rabu (12/7/2018).

Kedatangan Rektor UIN disambut hangat oleh Kakanwil Kemenag Riau Drs H Ahmad Supardi MA, Biro Keuangan dan BMN Kemenag RI Agus Ilyas MM, Kabag TU Kanwil Kemenag Riau Drs H Mahydin MA dan seluruh pejabat Eselon IV di Lingkungan Kanwil Kemenag Riau di Aula Pertemuan Kakanwil Kemenag Riau.

Akhmad Mujahidin dalam sambutannya menyebutkan, kunjungannya ke Kanwil Kemenag Riau karena Kemenag Riau dan UIN merupakan bagian dari Keluarga Besar Kementerian Agama RI, sehingga tidak bisa dipisahkan antara satu dengan lainnya.

“Kami sama- sama satker Kemenag, dan jika diibaratkan kami adalah dapur yang mencetak 48 menu atau 48 jenis sarjana yang dikeluarkan UIN setiap tahunnya, dengan pengguna utama dalam Kementerian Agama. Untuk itu, tidak berlebihan jika kami menjadikan Kemenag sebagai prioritas kunjungan kami dalam rangka semakin mensinergikan hubungan UIN dan Kemenag,” ungkapnya.

Kakanwil Kemenag Riau Drs H Ahmad Supardi MA, pada kesempatan tersebut mengucapkan selamat datang dan selamat kepada Rektor terpilih dan seluruh jajarannya dengan harapan dapat menjalankan amanat dengan baik dan semakin mengibarkan nama UIN di tengah- tengah masyarakat.

“Terimakasih atas kunjungan Rektor UIN Suska dan ini merupakan kali pertamanya Kemenag Riau menerima kunjungan Rektor ke Kanwil, biasanya kita yang ke UIN untuk bertemu. Melaui pertemuan ini kita akan sinergikan apa- apa yang bisa membangun sektor pendidikan kita kedepan, apalagi seluruh anak- anak madrasah dan pondok pesantren langsung belajar ke perguruan tinggi khususnya UIN untuk dibentuk, setelah itu baru dikembalikan lagi ke Kemenag untuk menempati berbagai bidang pekerjaan, mulai dari mubaliq, guru dan lain. Untuk itu, ini harus terus ditingkatkan, apalagi di bawah kepempiminan Ahmad Mujahidin,” harapnya.

Biro Keuangan dan BMN Kemenag RI Agus Ilyas MM, menambahkan, untuk sinergitas Kanwil Kemenag Riau dan UIN Suska Riau banyak hal yang bisa dikolaborasikan dengan konseling anggaran, sehingga bisa saling membangun dan mendukung.

“Diantaranya terkait dengan pengelolaan aset, dimana aset UIN sangat luar biasa dan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan umum, kegiatan peningkatan- peningkatan kegiatan dengan konseling pembiayaan bisa uang saku Kemenag, transpor ditanggung oleh UIN. Alumni- alumni MAN juga bisa masuk ke UIN dengan pembinaan bersama, sehingga dari kita untuk kita. Penyuluh juga bisa ditingkatkan insentifnya dengan perjuangan bersama, UIN melakukan penelitian tentang kelayakan insentif  penyuluh dan Kemenag mengusulkan anggaran yang layak, dan lainnya,” ungkpaknya dan berharap dengan kolaborasi tersebut UIN dan Kemenag bisa memajukan Riau lebih baik lagi. (mus/eka/faj)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya