Kanwil Kemenag Riau gelar Sosialisasi program sertifikasi guru madrasah 2018 melalui PPG di Kantor Kemenag Rohil

Ditulis Oleh riaurohil Kamis, 12 Juli 2018, 11:09

Rokan Hilir (inmas) – Kanwil Kemenag Riau melalui Seksi Pendidikan Madrasah melaksanakan acara sosialisasi Pendidikan Profesi Guru bagi guru madrasah tahun 2018 di Aula Kantor Kemenag Rohil lantai II pada Rabu (11/7).

Utusan Kanwil Kemenag Riau yang dalam rangka acara tersebut Temmy Maradilla, S.Kom jabatan Pengembang Kapasitas Pendidik dan Khairilnas, SHI, M.Pd jabatan Pengembang Kapasitas Tenaga Kependidikan pada Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Pendidikan Madrasah.

Acara sosialisasi dibuka oleh Kakan Kemenag Rohil H. Agustiar dan diikuti oleh 37 orang guru dari MI, MTs dan MA yang sudah dinyatakan sebagai calon peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahun 2018.

Dalam sambutannya Kakan Kemenag Rohil menyampaikan rasa sayangnya kepada para guru terkait PPG ini. Pasalnya, guru guru madrasah dilingkungan Kementerian Agama Rohil yang sudah mengajar dari tahun 2005 sejumlah 131 orang. Sementara yang sudah mendaftar dan dinyatakan sebagai calon peserta PPG hanya 37 orang. “alangkah sayangnya bagi guru yang sudah memenuhi syarat PPG tetapi tidak mendaftarkan diri, sebab kesempatan ini belum tentu ada lagi,” ujarnya.

Selanjutnya Temmy Maradillah dan Khairulnas saat menjadi narasumber dalam mensosialisasikan program ini menjelaskan tahapan tahapan PPG dari tahap persiapan, Pemetaan linieritas Ijazah S-1/D4 diikuti seluruh guru madrasah dan dilaksanakan melalui SIMPATIKA, calon PPG dalam jabatan adalah guru madrasah yang diangkat sampai dengan tanggal 31 Desember 2005, guru calon peserta PPG dalam jabatan yang memenuhi syarat mendaftarkan diri melalui SIMPATIKA (simpatika.kemenag.go.id) menggunakan akun masing-masing mulai tanggal 16 s/d 26 Mei 2018, Pelaksanaan seleksi Akademik akan dilakukan melalui tes online yang meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Pedagogik, Tes Bidang Studi dan Tes Bakat dan Minat, pelaksanaan Tes Akademik akan di dilaksanakan di Tempat Ujian Kompetensi (TUK) yang waktu dan tempatnya akan disampaikan kemudian, guru yang sudah berhasil melaksanakan pendaftaran pada aplikasi SIMPATIKA akan menerima Tanda Bukti Pengajuan Calon Peserta (S37), dan foto copynya di kirimkan ke Seksi Pendidikan madrasah paling lambat tanggal 26 Mei 2018.

“dan dari tahapan tahapan PPG bagi guru madrasah yang saya uraikan ini 37 orang guru dari Rohil yang sudah terdaftar sebagao calon peserta PPG 2018,” pungkasnya. (Nsh)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya