Edisi Mengenal Budaya dan bangsa Arab

Ditulis Oleh riaurohul2 Senin, 09 Juli 2018, 09:45

Rokan Hulu (inmas) Manasik Haji yang merupakan rutinatas Jamaah Calon Haji (JCH) Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu hadirkan pemateri profesional yang kali ini dibintagi oleh H. Zulkifli, S. Ag. M. Pd.I Kasubbag TU Kemenag Rohul dengan materi Edisi Mengenal Budaya dan bangsa Arab pada JCH asal kecamatan Rambah.


H. Abdurrahman Jailani, S. Ag. M. Sy dalam sambutannya menjelaskan Kegiatan manasik haji merupakan rutinitas sebelum pelaksanaan ibadah haji, saya berharap agar jamaah dapat mengikuti kegiatan secara keseluruhan, hal ini dimaksutkan agar JCH dapat meresap ilmu manasik hajji dengan baik dan benar, Senin, 09/07 di lokasi acara.


H. Zulkifli dalam materinya menyampaikan lain lubuk lain ikan, lain lalang lain belalang, lain kampung lain Bahasa, demikian juga dengan masyarakat Arab Saudi yang merupakan negara tempat pelaksanaan ibadah haji, tentu bahasa yang digunakan adalah bahasa arab, jika tidak bisa juga  dapat menggunakan bahasa Inggris jika tidak bisa Bahasa yang harus kita gunakan adalah bahasa isarat.


Selain iyu juga dijelaskan banyak tertib administerasi yang harus diikuti seperti Paspor tanpa ini kita tidak dapat melaksanakan ibadah haji, karena itu masalah Paspor jangan dianggap remeh, sementara uang yang digunakan adalah Riyal bukan rupiah, karena alat tukar daerah setempat adalah Riyal mata uang ini yang digunakan sebagai alat tukar.


sebagai pesan terakhir dalam materi tersebut dijelaskan perbaiki niat, melaksanakan ibadah karena Allah tanpa berbaur dengan niat yang lainnya, niat dalam pelaksanaan haji tersebut alah bagian dari rukun, inilah hal pertama yang terpenting dalam pelaksanaan haji, (rt).

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya