Ka.Subbag TU Kemenag Dumai Buka Kegiatan PKB

Ditulis Oleh riaudumai Kamis, 05 Juli 2018, 20:47

Ka.Subbag Tata Usaha Kemenag Dumai Drs.H.Zulkifli membuka secara resmi kegiatan PKB

Dumai (Inmas) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Dumai diwakili Ka.Subbag Tata Usaha Drs.H.Zulkifli membuka secara resmi Kegiatan Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MA yang ditaja oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Dumai, kamis (05/07) sekira pukul 09.00 WIB yang dipusatkan di ruang media center MAN 1 Kota Dumai. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari dimulai tanggal 05 – 06 Juli 2018 ini bertemakan “Dengan Pelatihan Klinik Kompetensi Siswa, Kita Tingkatkan Profesionalisme Guru.

Kegiatan diisi oleh beberapa narasumber diantaranya Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Riau Ilyas,M.Ag, Pengembang Kapasitas Pengawas pada Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Griven Herrie Putera,MA., Kasi Kurikulum dan Evaluasi Kanwil Kemenag Riau Drs.H.Kamaruddin, Perwakilan LPMP Provinsi Riau Adila Nusa,M.Pd., Kasi Pendidikan Islam Kemenag Dumai Drs.H.Ade A Yani,M.Pd.I., dan Pengawas Madrasah Kemenag Dumai Drs.H.Ismail,MA.

Kepala MAN 1 Kota Dumai Januarizal,M.Pd.I dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, dengan jumlah peserta 40 orang yang terdiri dari Kepala Madrasah serta 1 orang guru dari 8 MA Swasta dan 24 guru MAN 1 Kota Dumai. Kegiatan ini digelar dalam wadah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang bersumber dari dana BOS MAN 1 Kota Dumai.

Kepala MAN 1 Kota Dumai yang akrab disapa Ijan ini menuturkan, pendidikan itu bersifat dinamis, maka guru juga harus dinamis. Oleh sebab itu, kegiatan ini sangat penting dilaksanakan. Ia juga berharap agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Selanjutnya, dalam sambutan Kakan Kemenag Dumai yang diwakili Ka.Subbag Tata Usaha H.Zulkifli saat membuka kegiatan, beliau menyampaikan salam Kepala Kantor Kemenag Kota Dumai Bapak Drs.H.Syafwan yang dalam hal ini sedang melaksanakan Diklat Pim 3 di Pusdiklat Jakarta.

H.Zulkifli menjelaskan kompetensi adalah pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang diwujudkan dalam kebiasaan berpikir serta bertindak. Menjadi guru profesional bukanlah pekerjaan yang gampang seperti yang dibayangkan setiap orang, guru profesional harus mempunyai keahlian, keterampilan, dan kemauan, sebagaimana filosofis Ki Hajar Dewantara “Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani,”. Artinya, tidaklah cukup dengan menguasai materi pelajaran akan tetapi menjadi contoh teladan bagi murid, mengayomi murid, serta mendorong murid untuk lebih baik dan maju.

Kompetensi itu bukan hanya dalam bentuk mengajar tetapi juga dalam disiplin guru. Disiplin itu bukan hanya dalam aspek waktu tetapi dalam memberi contoh dan tauladan kepada siswa/i diantaranya dari segi penampilan, tutur kata, dan sikap. MGMP ini sangat penting dilaksanakan, karena ini sebagai wadah bertukar pikiran/sharing dan mendapatkan informasi serta ilmu untuk menambah kompetensi kita dalam proses belajar mengajar, tutur H.Zulkifli yang merupakan mantan Penyelenggara Syariah Kemenag Dumai ini.

“Bakar semangat dan beri motivasi siswa-siswi kita untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan tinggi, jangan hanya fokus untuk menamatkan pada jenjang Madrasah Aliyah saja dan langsung bekerja,” tegas H.Zulkifli.

Beliau berharap agar kegiatan selama 2 hari ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta peserta dapat mengambil ilmunya untuk dapat diaplikasikan pada proses belajar mengajar, harapnya saat mengakhiri sambutan.(jaka)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya