Penyelenggara syariah Kemenag Rohil bersama Baznas Rohil gelar acara sosialisasi zakat

Ditulis Oleh riaurohil Kamis, 07 Juni 2018, 09:10

Sambutan Penyelenggara Syariah Kemenag Rohil Zakri, SHI.

Rokan Hilir (inmas) - Melalui Penyelenggara Syariah, Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hilir bersama Badan Amil Zakat Nasional Kab. Rokan Hilir menggelar sosialisasi zakat di Kepenghuluan Babussallam Rokan Kec. Pujud Kab. Rokan Hilir pada Selasa (29/5).

Acara tersebut dihadiri Penyelenggara Syariah Kemenag Rohil Zakifri, SHI, Ketua BAZNAS Kab. Rohil Baharidin, S.Pd, Kapolsek Pujud, Penyuluh Agama Islam, Datuk Penghulu, Ketua BPK Babussalam Rokan, pengurus masjid/mushalla se Kepenghuluan Babussalam, pengurus UPZ se Kec. Pujud dan undangan lainnya.

Penyelenggara Syariah Kemenag Rohil Zakifri, SHI dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Kemenag Rohil pada tahun ini untuk memberikan pembinaan dan bimbingan teknis kepada para pengelola zakat di kecamatan serta tokoh-tokoh agama di Rokan Hilir ini.

Zakifri juga menambahkan, pentingnya melakukan sosialisasi dan penyuluhan tentang zakat yang diatur dalam Undang-Undang nomor 23 Tahun 2011 kepada masyarakat melalui para pemuka-pemuka agama dan masyarakat Rohil.

Dan menurutnya ini merupakan program kerja nyata Kemenag Rohil yang dinilai dapat memberikan banyak manfaat kepada masyarakat Rokan Hilir yang agamis dan berbudaya ini.

Apalagi katanya, penyuluh agama itu adalah perpanjangan tangan Kemenag yang memiliki peran penting dalam mensosialisasikan segala sesuatu yang dirasa perlu untuk diinformasikan dan di tumbuh kembangkan di tengah-tengah masyarakat seperti halnya zakat.

Beliau juga mengharapkan melalui kegiatan ini dapat dijadikan sebagai wadah peningkatan sumber daya manusia pengurus zakat dan tokoh-tokoh agama Islam. Disamping membantu program pemerintah juga mengetuk umat untuk selalu meningkatkan amal ibadah, peduli dengan sesama. Karena zakat dapat menjadi ladang amaliyah yang bernilai pahala dihadapan Allah SWT.

Sambutan selanjutnya Ketua Baznas Rohil Baharudin menyampaikan bahwa kegiatan sosialisai ini diadakan dengan maksud memberikan pemahaman kepada para peserta mengenai program pengumpulan ZIS di lingkungan Di Kec. Pujud khususnya Kepenghuluan Babussalam Rokan.

Baharudin menegaskan bahwa program pengumpulan ZIS ini adalah perintah Allah SWT yang wajib dilaksanakan untuk membantu kaum fakir miskin atau mustahik zakat lainnya untuk meningatkan kesejahteraan mereka. Beliau juga menegaskan bahwa zakat ini harus diambil dari para Muzakki untuk membersihkan harta benda mereka, berdasarkan firman Allah dalam surat At-Taubah ayat 103. “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan mendo`alah untuk mereka. Sesungguhnya do`a kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. (Nsh)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya