PENYELENGGARA KRISTEN PELALAWAN MENGGAGAS TERBENTUKNYA PERSEKUTUAN GEREJA-GEREJA KECAMATAN BANDAR SEIKIJANG

Ditulis Oleh riaupllwn Kamis, 07 Juni 2018, 08:31

Bandar Seikijang (24/05). Dalam kunjungan kerja ke Kecamatan Bandar Seikijang (Kamis, 24/05), Liston Alfian Naibaho, SE. (Penyelenggara Kristen Pelalawan) bersama staf, Batara Dermanto Marbun,  bertemu dengan para pimpinan gereja di Kecamatan Bandar Seikijang. Pertemuan yang dilaksanakan di Gereja GPdI Jemaat Alfa Omega pimpinan Pdt. S. Siringoringo, S.Th. dan beralamat di Jl. H.M. Taib Ujung RT 02 RW 07, Kampung Batak, Kel. Sekijang, Kec. Bandar Seikijang ini dihadiri sebanyak enam belas orang pengurus gereja dari berbagai denominasi gereja. Ini kali pertama para pengurus gereja berkumpul serta berdiskusi bersama membahas berbagai hal berkenaan dengan pelayanan dan keumatan di Kecamatan Bandar Seikijang. Menurut data, di kecamatan ini terdapat lebih kurang dua puluh gereja, dan semuanya tersebar di beberapa lokasi, seperti Kampung Batak, Kiyap Jaya, dan Lubuk Ogung.

 

Pada pertemuan ini, pendataan anggota jemaat dan perizinan rumah ibadah menjadi materi yang menarik untuk dibahas. Kedua hal ini sering menjadi persoalan di lapangan. Karena itu pengurus gereja dituntut untuk lebih bijaksana menyikapi dan mencari solusi atas kedua persoalan itu.

 

Dalam kesempatan ini juga, Penyelenggara Kristen menggagas terbentuknya sebuah wadah yang bisa menjadi pemersatu gereja-gereja di kecamatan ini. Gagasan ini disambut baik dengan penuh antusias. Hari itu secara aklamasi terbentuklah wadah bernama Persekutuan Gereja-gereja Kecamatan Bandar Seikijang. Nama wadah ini merupakan usulan dari Penyelenggara Kristen. Sengaja menggunakan istilah Persekutuan karena istilah ini lebih familiar di kalangan gereja dan umat serta lebih bersifat rohani dan Alkitabiah.

 

Melalui wadah ini, diharapkan tidak ada lagi sekat-sekat antar gereja. Perbedaan aliran atau dogma gereja, perbedaan bahasa pengantar, dan berbagai perbedaan lainnya tidak lagi menjauhkan hubungan antar gereja. Penyelenggara Kristen menegaskan bahwa ada dua hal penting agar Persekutuan ini bisa berjalan baik dan berkesinambungan. Pertama, penguatan peran masing-masing struktur kepengurusan. Dalam hal ini adalah pemahaman atas tugas dan fungsi seluruh komponen kepengurusan, seperti Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan lain sebagainya. Kedua, adanya program yang jelas dan berkesinambungan. Dalam hal program, Penyelenggara Kristen meminta kepada Pengurus dan anggota agar menyusun program sesuai kebutuhan, bukan sesuai keinginan. Dengan demikian akan menarik minat seluruh komponen organisasi untuk selalu aktif dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan Persekutuan.

 

Dalam pertemuan hari itu, telah ditetapkan struktur awal Persekutuan Gereja-gereja Kecamatan Bandar Seikijang adalah Pdt. S. Siringoringo, S.Th. (Ketua), Pdt. Tandazisokhi Gea, S.Th. (Sekretaris), dan Bvr. Elfrida Manurung (Bendahara). Beberapa kegiatan diwacanakan akan menjadi program organisasi ini, di antarnya adalah pertemuan bulanan yang tuan rumahnya adalah anggota secara bergiliran, kesepakatan tentang aturan perpindahan jemaat antar gereja dalam organisasi ini, dan perayaan hari besar Kristen bersama.  

(Aa/Lan)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya