Kankemenag Kuansing Adakan Acara Tarhib Ramadhan 1439 H

Ditulis Oleh riaukuansing Selasa, 15 Mei 2018, 14:48

Kuansing (Inmas), Tidak beberapa hari lagi umat Islam akan memasuki bulan puasa, jika dihitung dari sekarang lebih kurang tinggal 2 hari lagi. Banyak kita saksikan di mana-mana sebelum masuknya bulan Ramadhan banyak diadakan acara penyambutan bulan suci tersebut, baik itu di masjid-masjid, sekolah/madrasah, universitas, instansi pemerintah, dan diberbagai tempat dimana banyaknya berkumpul umat Islam.

Tak ketinggalan pula di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuantan Singingi, pada hari Selasa (15/05/2018) diadakan acara penyambutan/tarhib bulan suci Ramadhan 1439 H yang bertempat di Aula Kantor. Acara dihadiri oleh seluruh pegawai negeri/honorer yang berada di linkungan Kantor Kemenag Kuansing, yang terdiri dari Kepala Kantor, Kasi-kasi, Kepala KUA, Kepala Madrasah, Guru MA/MTs, Penyuluh Agama dan pegawai kantor Kemenag Kuansing. Acara juga dihadiri oleh 2 orang pejabat dari Kanwil Kemenag Provinsi Riau yaitu Kabag TU H. Mahyudin, MA dan Kasubbag Perencanaan dan Keuangan Drs. H. Muliardi, MA. Kedatangan keduanya juga bersamaan dengan adanya kegiatan Raker yang diadakan di MAN 1 Kuansing. Tepat pukul 11.25 WIB acarapun dimulai, dipandu langsung oleh Kasi BIMAS Islam H. Bakhtiar, S.Ag, MH.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuantan Singingi Drs. H. Jisman, MA dalam kata sambutannya menyampaikan, "Saya mengucapkan terima kasih kepada ibu-ibu Dharma Wanita dan seluruh pegawai yang telah berpartisipasi dalam acara tarhib Ramadhan ini, yaitu telah membawa makanan dari rumah masing-masing yang merupakan atas biaya sendiri untuk kemudian bisa dinikmati secara bersama-sama. Ini merupakan sedekah menjelang masuknya Ramadhan. Saya juga meminta maaf secara tulus, jika selama 1 tahun kepemimpinan saya di Kankemenag Kuansing, didalam pergaulan saya punya kesalahan saya memohon maaf yang sebesar-besarnya, mari kita mencucikan hati kita menyambut bulan yang suci ini".

Pada kesempatan itu Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Riau H. Mahyudin, MA juga diminta untuk memberikan sedikit pengarahan sekaligus tausiyah. Beliau menyampaikan, "Saya bersyukur bisa hadir bersama Bapak/Ibu di kantor Kemenag Kuansing ini, saya melihat kerjasama dan kebersamaan disini luar biasa, sehingga bisa mengadakan acara seperti ini sekaligus dengan hidangannya, yang kalau di total dengan acara sebesar ini setidaknya membutuhkan dana yang tidak kurang dari 60 juta. Selama bulan puasa nanti, jangan menyurutkan semangat kita untuk bekerja, saya tidak ingin mendengar ada keluhan dari masyarakat, pegawai Kemenag tidak melayani masyarakat dengan baik karena lagi berpuasa, ini namanya menjadikan puasa sebagai kambing hitam atas perbuatan yang kita lakukan. Karena puasa pada hakikatnya bukanlah sebagai penghalang, tetapi lebih tepatnya sebagai pendongkrak semangat kerja, karena kita tidak lagi disibukkan dengan makan minum jadi pekerjaan akan lebih terfokus".

Acara berlangsung sampai pukul 12.00 WIB dan ditutup dengan makan bersama. Tak berapa lama setelah itu terdengar Azan Zhuhur berkumandang, sebagian besar pegawai melakukan sholat Zhuhur berjamaah di Musholla kantor, dan setelahnya mereka pun kembali ketempat tugas masing-masing karena jam dinas kantor masih belum selesai. (N/R)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya