Upacara Adat Balimau Kasai Potang Mogang 1439 H

Ditulis Oleh riaupllwn Selasa, 15 Mei 2018, 13:23

Kakan Kemenag diacara potang mogang

Senin,14 Mei 2018 Upacara Adat Balimau Kasai Potang Mogang Kecamatan Langgam 1439 H, dihadiri oleh Bupati Kabupaten Pelalawan H.Muhammad Haris, Kakan Kemenag Kabupaten Pelalawan H.Muhammad Rais,S.Ag.,M.PdI, Kepala Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Pelalawan H.Eddi Amran,Lc.,MA Dan Pejabat diPemerintahan Kabupaten Pelalawan. 

Sambutan Bupati Pelalawan, HM Harris yang bergelar Datuk Setia Ama­nah Mandi Balimau Kasai Potang Mogang merupakan tradisi yang secara turun-te­mu­run yang telah dilakukan mas­yarakat Melayu khususnya masyarakat di Kecamatan Langgam, setiap kali memasuki bulan Ramadan. Dikalangan masyarakat kegiatan tersebut diberikan nama Potang Mogang, yang inti dari hajatan tersebut untuk memeriahkan serta bersuka cita memasuki menyambut bulan penuh berkah.


“Kita berharap masyarakat Pelalawan bisa terus menjaga dan melestarikan adat istiadat Pelalawan, Pemerintah Daerah mendukung penuh pelestarian adat istiadat kita,” terang Datuk Setia Amanah.


Rangkaian pembukaan acara mandi Balimau Kasai Potang Mogang tahun ini, diawali saat Datuk Setia Amanah beserta rombongan mengantarkan para datuk dari balai kepenghuluan adat Langgam menuju Balai Anjungan Tepian Ranah Tanjung Bunga. Selanjutnya dilaksanakan upacara adat Togak Tonggol yang dipimpin oleh Datuk Rajo Bilang Bungsu dan disaksikan HM Harris selaku payung negeri Langgam.
Adat Balimau Kasai Potang Mogang ini termasuk budaya yang dilestarikan oleh pemerintahan kabupaten pelalawan sampai saat ini, untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1439 H. Dan akhir acara ditutup dengan Do'a oleh Kakan Kemenag Kabupaten Pelalawan H.Muhammad Rais,S.Ag.,M.Pd.

 

 

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya