Pembinaan Imam Masjid se-Kecamatan Rambah Tahun 2018

Ditulis Oleh riaurohul2 Selasa, 15 Mei 2018, 13:03

Pemberian Materi Pada Imam Masjid Sekecamatan Rambah

Rokan Hulu (inmas) Kegiatan Pembinaan imam Masjid se Kecamatan Rambah tahun 2018 dilaksanakan di Aula Islamik Centre Pasir pengaraian, peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut berjumlah 60 orang jumlah ini dapat mewakili seluruh Masjid yang ada di Kecamatan Rammbah, Demikian data  yang disampaikan pada  wartawan Selasa, 15/05 di Islamik Centre Pasir Pengaraian.


Kegiatan Pembinaan Imam masjid se-Kecamatan Rambah dibuka langsung Bapak Camat M. franovandi, M. si Kecamatan Rambah, dalam sambutannya mengharapkan agar seluruh Masjid yang ada di Kecamatan Rambah memiliki imam Manjid sesuai dengan persyaratan dan ketentuannya, hal ini bertujuan jamaah Masjid nyaman dalam pelaksanaan ibadah.


salah Satu materi yang disampaikan adalah pembinaan imam Masjid yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu, Drs. H. Syahrudin, M. Sy, dalam materinya dijelaskan, sholat berjamaah jauh lebih baik dari sholat sendiri, selain itu Kemenag Rohul juga mengharapkan hidupkanlah masjid selamanya, jika kamu tidak mampu, setidaknya dimalam bulan suci Ramadhan ini, Bulan suci Ramadhan banyak hikmah didalamnya, salah satu puncaknya adalah didalamnya terdapat malam lailatul Qodhar, malam yang lebih baik dari 1000 bulan.


Materi yang ke dua Masjid adalah tempat pendidikan dan dakwah yang disampaikan oleh Bapak H. Zulkifli Syarif, S. Ag. M. Pd.I Ketua umum Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Majelis Dakwah Islamiyah ( MDI) Kabupaten Rokan Hulu, dalam materinya dijelaskan, Masjid selain menjadi sarana ibadah juga berpran sebagai sarana pendidikan, karena itu masjid memiliki banyak multifungsi.


Selanjutnya Tipologi Masjid, Syarat dan Kreteria Imam Masjid oleh Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Rambah, H. Abdurrahman Jailani, M. Sy dalam materinya menjelaskan Masijid sebagai sarana ibadah juga tidak dapat didirikan sesuai dengan keinginan, dibutuhkan beberapa persaratan sihingga menjadi sebuah masjid, jelas Rahman Jailani.


Kegiatan Pembinaan imam/Pengurus Masjid sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan sekali dalam setahun dan materinya berbeda-beda salah satu contohnya adalah Pembinaan Imam dan Khatib, Pembinaan UPZ, Pembinaan majelis Taklim dan pembinaan Remaja Masjid, hal ini dilaksanakan untuk memotivasi Pengurus  masjid, serta menambah pengetahuan dan pengalaman bagi pengurus masjid yang ada di Kecamatan Rambah, Jelas Abdurrahman Jailani, (rt).

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya