Pengawas Kankemenag Isi Materi Kegiatan Seminar Publikasi Ilmiyah Guru-Guru Di Kecamatan Tualang

Ditulis Oleh riausiak Senin, 16 April 2018, 14:54

Siak (Inmas) – Kamis (14/04) Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan profesional Guru PAI pada sekolah umum tingkat Kabupaten Siak, PGRI Kecamatan Tualang  Gelar kegiatan Seminar Publikasi Ilmiyah Guru-Guru Se-Kecamatan Tualang. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kemampuan Guru PAI dalam Proses Pelaksanaan Pembelajaran melalui PK Guru PAI di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Salah seorang yang mengisi materi pada kegiatan tersebut adalah Zulkarnain, S.Ag Pengawas Kankemenag Siak.

Menurut Zulkarnain, S.Ag kurangnya keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah-sekolah adalah karena sistem pembelajaran yang dilaksanakan cenderung menekankan bagaimana guru mengajar (teacher-centerd) daripada bagaimana siswa belajar (student-centered). “Karena itu perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksankan pembelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar yang dilaksankan lebih bermakna, dan dapat memotivasi siswa mengaplikasikan ilmu pengetahuan agama yang diperolehnya dalam kehidupan sehari-hari”, ungkapnya diawal acara.

Upaya yang dimaksud adalah melalui Penilaian Kinerja Guru (PK Guru). Kegiatan PK Guru dilakukan setiap tahun sebagai bagian dari proses pengembangan karir dan promosi guru untuk kenaikan pangkat atau jabatan fungsional. Hasil PK Guru diharapkan dapat bermanfaat untuk menentukan berbagai kebijakan yang terkait dengan peningkatan mutu dan kinerja guru sebagai ujung tombak pelaksanaan proses pendidikan dalam menciptakan insan yang cerdas secara komprehensif dan berdaya saing tinggi. “Disamping itu saya berharap kita mampu menciptakan Insan yang beriman dan berakhlak baik”, pungkasnya di akhir acara. (ICY)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya