H. Bakhtiar, S.Ag, MH: Persiapan Menyambut Ramadhan

Ditulis Oleh riaukuansing Senin, 16 April 2018, 10:12

Kuansing (Inmas), Pagi Jum'at (13/04/2018) seluruh pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuantan Singingi berkumpul di mushola kantor untuk mengikuti acara pembinaan mental yang berupa kultum. Kali ini yang menjadi penceramah adalah Kasi BIMAS Islam H. Bakhtiar, S.Ag, MH, tema yang diangkat adalah Persiapan Menyambut Ramadhan. Tema ini sangat tepat sekali, karena lebih kurang satu bulan lagi akan memasuki bulan Ramadhan.

Dalam tausiyahnya, beliau menyampaikan. "Menjelang memasuki Ramadhan Nabi dan sahabat selalu melakukan persiapan, sehingga ada istilah Marhaban ya Ramadhan, yang maknanya sangat luar biasa. Marhaban berasal dari kata tarhib, yang artinya persiapan, atau lebih kepada melapangkan kita dalam menyambut tamu yang luar biasa. Persiapan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW antara lain: 1) Nabi banyak puasa di bulan Sya'ban, 2) Nabi banyak melakukan qiyamullail."

"Jika dilihat fenomena Ramadhan setiap tahunnya, dari separuh Ramadhan ke atas jumlah jemaah yang ikut sholat tarawih semakin berkurang, kalau awal bulan semangatnya luar biasa. Fenomena ini menurut pendapat saya, yang lain silahkan boleh berbeda. Penyebabnya adalah karena dibulan sebelum masuknya Ramadhan, mereka tidak melatih dirinya untuk beribadah, sehingga kenikmatan dari beribadah di bulan Ramadhan tidak terasa. Penyebab lainnya adalah pakaian yang digunakan untuk beribadah. Kebiasaan kita adalah kalau mau masuk Idul Fitri baru beli baju baru, seharusnya beli baju baru itu di awal Ramadhan, sehingga baju baru tersebut bisa dipakai untuk sholat tarawih dan witir pada malam Ramadhannya. Satu lagi kalau mau yang baru adalah membeli Al-Qur'an baru, terus yang lama di sedekahkan ke Mesjid atau Musholla." ucapnya. (N/R)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya