Kakankemenag Kuansing Mengadakan Rapat Mengenai Pelunasan BPIH Tahun 2018 dengan BPS BPIH

Ditulis Oleh riaukuansing Kamis, 12 April 2018, 21:17

Kuansing (Inmas), Hari Rabu (11/04/2018) pada siang harinya Kantor Kemeterian Agama Kabupaten Kuantan Singingi kedatangan beberapa orang tamu, mereka adalah karyawan yang merupakan utusan dari Bank Riau Kepri Syariah dan BRI Syariah wilayah Teluk Kuantan. Kedatangan mereka disambut langsung oleh Kakankemenag Kuansing Drs. H. Jisman, MA dan langsung dibawa ke ruang kerjanya. Adapun tujuan mereka adalah untuk mengadakan rapat pembahasan mengenai pelunasan BPIH untuk keberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) tahun 2018 dan beberapa hal yang dianggap penting lainnya seputar haji.

Kalau sudah bicara tentang haji, tentu tidak akan lengkap tanpa kehadiran Kepala Seksi Penyelenggara Haji & Umrah yakni H. Bahrul Aswandi, S.Ag, MH, beliau juga hadir pada rapat tersebut untuk mendampingi Kakankemenag, dan juga 2 orang staf Penyelenggara Haji & Umrah yakni Evi Isnaini, M.Ag dan Jumasri, S.Pd.I.

Adapun masalah yang dibahas pada rapat tersebut antara lain:
1) Persiapan pelunasan BPIH yang saat ini sedang menunggu pengumuman keputusan presiden yang berhubungan dengan BPIH tahun 2018 embarkasi Batam, waktu pelunasan dan tehniknya.
2) Mengkonfirmasi surat Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri tentang perjanjian kerjasama Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah dengan BPS BPIH, bahwa pada saat pelunasan BPS BPIH akan memberikan kain ihram bagi jemaah pria, bahan batik bagi pria dan wanita, dan mukena untuk wanita.
3) Mengkonfirmasi tentang buku saku bimbingan jemaah haji yang harus didistribusikan ke CJH.
4) Jumlah CJH kabupaten Kuansing tahun 2018 M / 1439 H rinciannya adalah sebagai berikut: CJH berhak lunas 193 orang, CJH cadangan sebanyak 5 orang, status CJH yang sudah haji 4 orang, dan jumlah keseluruhannya adalah 202 orang.
5) BPS BPIH untuk dapat memberikan pelayanan khusus kepada CJH yang akan melakukan pelunasan.
6) Kepada CJH yang sudah melunasi BPIH supaya dapat diarahkan untuk melaporkan diri ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuantan Singingi pada seksi haji dengan membawa bukti setoran pelunasan BPIH reguler.
7) Pelunasan BPIH reguler dibagi menjadi 2 tahap:
- Tahap pertama, diperuntukkan bagi CJH yang telah melakukan pelunasan BPIH tahun 1438 H / 2017 M yang menunda keberangkatannya, CJH yang masuk dalam kuota haji tahun 1439 H / 2018 M yang belum pernah berhaji dan telah berusia 18 tahun atau sudah menikah.
- Tahap Kedua, dilaksanakan jika pada pelunasan tahap pertama masih ada sisa kuota pada masing-masing provinsi yang diperuntukkan bagi CJH yang mengalami kegagalan sistem, berstatus pernah berhaji yang telah berusia 18 tahun atau sudah menikah, pengajuan pendamping jemaah haji lanjut usia yang telah berumur 75 tahun dan telah melunasi BPIH tahap pertama, pengajuan penggabungan suami/isteri atau anak kandung/orang tua terpisah yang salah satunya telah melunasi tahap pertama, pengajuan lanjut usia minimal 75 tahun yang dapat disertai dengan 1 (satu) orang pendamping, cadangan yang berasal dari jemaah haji yang berhak lunas tahun 1440 H / 2019 M sebanyak 5 persen. (N/R)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya