Gesa Optimalisasi Pengumpulan Zakat, Kemenag Lakukan Pembinaan UPZ di Inhu

Ditulis Oleh imuss Rabu, 11 April 2018, 20:42

Inhu (Inmas)- Kementerian Agama terus menggesa optimalisasi pengumpulan dan pendayagunaan zakat di instansi pemerintah. Kali ini pembinaan dilakukan oleh Kasi Pemberdayaan Zakat Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, H Zulfadli, Lc, MA melakukan Sosialisasi Pembentukan UPZ pada Dinas, kantor dan badan pemerintah yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu.

 

Kegiatan ini ditaja oleh Kemenag Kabupaten Indragiri Hulu, Selasa (10/4/2014) bertempat di aula Kemenag Indragiri Hulu dengan mengundang para kepala dinas, kantor dan badan se kabupaten Indragiri Hulu.

 

Kakankemenag Indragiri Hulu, H. Abd Karim, yang diwakili kasubbag Tata Usaha H. Marjoni, M.Pd dalam arahannya menjelaskan, bahwa pengumpulan zakat di Indragiri Hulu belum optimal dikarenakan masih sedikitnya dinas, kantor dan badan yang sadar akan zakat karena belum mempunyai UPZ (Unit Pengumpul Zakat). Oleh sebab itu, output dari acara ini adalah terbentuknya UPZ di di setiap dinas, kantor dan badan. 

 

Kasi Pemberdayaan zakat kantor wilayah kementerian agama provinsi Riau, H. Zulfadli, Lc, MA menjelaskan bahwa UPZ merupakan perpanjangan tangan BAZNAS di setiap tingkatannya yang melakukan pengumpulan dan pendayagunaan Zakat di instansi tersebut. Lebih lanjut zulfadli menjelaskan bagaimana proses pembentukan, struktur UPZ pada instansi Pemerintah. “UPZ tersebut merupakan wahana instansi tersebut dalam mewujudkan perhatian bagi kaum du'afa,” ungkapnya.

 

Para peserta sosialisasi menyambut dengan antusias dengan kegiatan ini dan berkeinginan mempunyai UPZ di instansi masing masing. (zlfdl/mus)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya