Ilmu manasik Haji

Ditulis Oleh riaurohul2 Rabu, 11 April 2018, 10:24

Pelaksanaan Manasik Haji di Masjid Raya Al-Ihsan Ujungbatu

Rokan Hulu (inmas) ibadah haji diwajibkan Allah kepada kaum muslimin yang telah mencukupi syarat, ibadah haji diwajibkan Sekali seumur hidup, selanjutnya baik yang kedua atau seterusnya hukumnya sunat, kecuali bagi mereka yang bernazar haji menjadi wajib melaksanakannya. Demikian disampaikan Drs. H. Syahrudin, M. Sy Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu Rabu, 11/04 di Masjid Raya Al-Ihsan ujungbatu.


Lain dari itu peningkatan bimbingan jamaah Calon Haji (JCH) merupakan dari pembinaan, pelayanan dan perlindungan terhadap JCH yang menjadi tugas pemerintah, Bimbingan manasik haji dimaksutkan untuk menjadi pedoman bagi jamaaj haji dalam melaksanakan haji sesuai dengan alurgerak dan tempat kegiatan ibadah.


Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Ujungbatu dalam sambutannya menjelaskan manasik haji mandiri yang dilaksanakan di KUA Kecamatan merupakan langkah dasar untuk mengenal ritual pelaksanaan ibadah haji, karena itu diharapkan pada Bapak Drs. H. Syahrudin, M. Sy dapat memberi tuasiah pada Jamaah calon Haji (JCH) Kecamatan Ujungbatu tahun 2018.


Kemenag Rohul Syahrudin dalam materinya juga menjelaskan Haji akan memberikan pengalaman tersendiri bagi Jamaah Calon Haji (JCH) yang berangkat ketanah Suci, pengalaman ini diperoleh secara pribadi dan tidak ada orang yang mengetahui selain diri anda dan orang lain yang anda ceritakan.



Lain dari itu juga menyampaikan niat dalam pelaksanaan ibadah haji menjadi rukun dalam pelaksanaan ibadah haji, karena itu niat pelaksanaan haji mutlak tidak bisa  ditinggalkan, dengan kata lain haji seseorang tidak syah tanpa ada niat dalam pelaksanaan haji tersebut. Dalam hadis Rasullah SAW bersabda, yang artinya " sesungguhnya amal perbuata itu dimulai dengan niat, bahkan dalam penjelasan lain disampaikan bahwa niat itu jauh lebih baik dari amalnya, Amal tanpa niat akan sia-sia belaka, demikian juga dengan pelaksanaan ibadah haji,niat tetap harus diutamakan  tegas Syahrudin Kemenag Rohul,(rt).

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya