Kanwil Kemenag Riau Lakukan Monev UNBK ke Rohul

Ditulis Oleh vera Senin, 09 April 2018, 20:01

Riau (Inmas) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Drs H Ahmad Supardi MA melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksanaan Ujian Akhir Nasional Berbasis Komputer (UAMBK) di MAN Rohul, Senin (9/4). Didampingi Kankemenag Rohul DrH Sahrudin, Kasi Evaluasi dan Kurikulum Drs Kamaruddin, Kasubbag Inmas Dedi Sahrul beserta tim Inmas rombongan tersebut mendatangi kelas kelas yang digunakan sebagai ruang ujian BK. 

Kakanwil mengatakan sesuai pantauan langsung dilokasi, mengaku sangat senang dengan perkembangan madrasah hari ini. Kita bersyukur ujian berjalan lancar dengan menggunakan komputerisasi ini. Komputer sangat bergantung pada listrik, dan dari pihak panitia juga telah menyiapkan jenset untuk mengantusipasi kematian listrik pada saat ujian berlangsung.

"Saya berharap ujian berbasis komputerisasi ini bisa dilaksanakandengan jujur dan sportif, jangan ada lagi bantuan bantuan dari guru maupun pihak lainnya", terangnya. Ia menambahkan sistem silang terhadap seluruh pengawas ujian sangat menutup kemungkinan guru berlaku curang", jelasnya.

"Ini menjadi tolak ukur keberhasilan proses belajar yang ditempa sekama tiga tahun dimadrasah", tandas Ahmad Supardi.

Hal senada diungkapkan Kankemenag Kab Rohul Drs Saharuddin menyatakan proses pelaksanaan selama ujian berlangsung aman dan tertib, dan tentunnya berjalan sesuai rencana. "Termasuk segala hal yang terkait dengan listrik, ataupun jaringan sampai saat ini aman", terangnya.

Ia berharap siswa madrasah Rohul bisa lulus seratus persen nantinya. Ia mengaku sangat apresiatif atas upaya dan rencana Kemenag yang akan menggelontorkan dana berkisar 9,5 trilliun  se-Indonesia untuk pendidikan ini. Semoga kedepan kita bisa melaksanakan ujian ini serempak dengan satu shift saja, tidak seperti sekarang dilaksanakan dalam tiga shift mengingat perangkat sarana dan pra sarana yang masih terbatas, ucapnya.

Sementara itu Kemad  mengungkapkan pelaksanaan ujian berjalan lancar tanpa kendala berarti, berkat kerjasama seluruh panitia yang berjumlah sebanyak 10 orang. Dan pengawas 4 orang. "Kami berharap hingga hari terakhir nanti masih berlangsung lancar", ucap Kemad.

Dikatakannya kali ini ada lima madrasah yang bergabung mengikuti ujian yang sama, diantaranya : Madrasah Khasanatul Barokah, Madrasah Raudatul Salam, Madrasah Al Pata, Madrasah Darul Khoiriyah, Madrasah An Nur Ompung Naihabu. Sehingga total siswa yang mengikuti ujian sebanyak 203 orang terdiri dari 125 siswi dan 78 siswa, terangnya.

Alhamdulillah berjalan lancar ditengah cuaca yang kurang mendukung hujan yang mengguyur sejak pagi, katanya. Kendati demikian, semua siswa, guru, pengawas hadir tepat pada waktunya. Ia memastikan madrasahnya bisa melaksanakan UNBK tersebut, meskipun prasanara belum lengkap memadai untuk tahun ini.

Selepas itu, rombongan melanjutkan kunjungan monev ke MA PP Khalid Bin Walid dan diakhiri dengan kunjungan ke MAS Kepenuhan.(vera/adi)


kembali ke daftar berita

Berita Lainnya