MI As Siddiqiyah Siak Gelar Simulasi USBN Selama Tiga Hari

Ditulis Oleh riausiak Selasa, 13 Maret 2018, 16:05

Siak (Inmas) – Madrasah Ibtidaiyah (MI) As Siddiqiyah Siak menggelar simulasi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang dilaksanakan mulai tanggal 12 s/d 14 Maret 2018. Ujian ini dalam rangka mempersiapkan siswa untuk menghadapi USBN yang akan diselenggarakan pada tanggal 3 s/d 5 Mei mendatang. Simulasi USBN yang akan berlangsung selama tiga hari ini akan mengujiankan tiga mata pelajaran yang termasuk dalam USBN pada hari H nanti yaitu, Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Adapun jumlah santri MI As Siddiqiyah yang mengikuti simulasi USBN tersebut sebanyak 52 orang santri dengan menggunakan 3 ruangan ujian. Sebagai gambaran, ujian simulasi USBN ini berbentuk uji coba yang akan diberikan kepada para santri. Sedangkan untuk soal yang diujiankan merupakan soal yang dipersiapkan oleh MI As Siddiqiyah  bekerjasama dengan salah satu penerbit nasional yang ada di Pekanbaru sesuai dengan SKL dan kisi-kisi ujian nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Idris, S.Pd.I selaku Kepala MI As Siddiqiyah menuturkan bahwa simulasi USBN yang diuji cobakan kepada santri merupakan sesuatu yang sangat penting diikuti oleh santri. Melalui simulasi ini ke 52 orang santri dapat melatih kejelian, keseriusan dan kefokusan mereka di dalam menyimak dan mengerjakan soal nanti. “jika ternyata hasil ujian simulasi ini mendapat nilai yang tidak memuaskan, maka Insya’Allah akan menjadi cambuk untuk terus semangat belajar dan lebih tekun lagi menjelang menghadapi ujian USBN yang sebanarnya”, ujarnya.

Sedangkan bagi madrasah sendiri, ujian ini dapat menjadi tolak ukur keberhasilan santri dalam menyerap pelajaran yang diajarakan oleh guru. Nantinya setiap kendala dan kekurangan santri dalam menjawab soal tentu menjadi perhatian pihak madrasah untuk kembali memformulasikan metode yang tepat agar santri dapat menjawab soal dengan baik dan benar. (Hd)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya