Tarjoko : Pemberkatan dan pencacatan perkawinan di disdukcapil sangat penting

Ditulis Oleh riaumeranti Selasa, 13 Maret 2018, 10:41

Meranti (Inmas) - Pemberkatan perkawinan di Vihara dan pencacatan perkawinan umat Budha di Dinas Kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) Pemerintah setempat merupakan hal yang sangat penting dan harus dilakukan. Hal tersebut disampaikan oleh Pembimbing Masyarakat Budha Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Riau Tarjoko, S.Pd. MM pada kegiatan Pembinaan umat Budha daerah 3T (tertinggal, terpencil, terluar/perbatasan) di Desa Selat Akar Kecamatan Tasik Putri Puyu, Senin, (12/03/2018).

Menurut Tarjoko, dengan adanya fasilitas pelayanan ini maka perkawinan umat Budha akan sah dimata hukum dan akan mendapat jaminan hukum di negara. Akta perkawinan ini lanjut Tarjoko adalah hal yang sangat penting dalam mewujudkan terbitnya akta kelahiran anak, karena jika tidak ada akta perkawinan maka tidak akan bisa membuat akta kelahiran anak.

Diakhir penjelasannya, Tarjoko berharap dengan adanya kegiatan semacam ini bapak/ibu akan semakin dekat dengan Kementerian Agama dan dengan masyarakat dan umat lainnya sehingga pembinaan Agama dan umat bisa berjalan dengan baik. Selain itu, Tarjoko juga berharap kerukunan umat beragama benar-benar bisa ditingkatkan lagi minimal internal kerukunan umat beragama itu sendiri.

Kegiatan pembinaan umat Budha daerah 3T (tertinggal, terpencil, terluar/perbatasan) berjalan dengan lancar. Rangkaian kegiatan tersebut juga diisi dengan penyerahan dan pembagian akta nikah secara simbolis kepada umat Budha di Desa Selat Akar Kecamatan Tasik Putri Puyu Kabupaten Kepulauan Meranti. (Tim Humas).

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya