Danau Buatan Rumbai kembali sesak dipadati umat yang mengadakan Melasti

Ditulis Oleh belen Selasa, 13 Maret 2018, 09:53

Riau (Inmas) Rangkaian demi rangkaian upacara telah terlaksana dengan baik  menyambut Hari Raya Nyepi. Demi meningkatkan Sraddha dan Bhakti pada para Dewata dan manifestasi Tuhan yang bertujuan untuk menghilangkan mala dan Penderitaan, Masyarakat Umat Hindu yang berada di Provinsi Riau, berbondong-bondong mendatangi Danau Buatan Rumbai , pada Minggu 11 Maret 2018.

Upacara Melasti yang dimulai sejak pukul 07.00 Wib dihadiri Oleh Pembimbing Masyarakat Hindu, Nengah Sujati  S.Ag didampingi oleh Pinandita Kawit S.Ag  yang dipimpin  oleh Pinandita I Wayan Sutama yang diikuti oleh umat Hindu dari Kabupaten Siak, Pelalawan, Rokan Hilir, Kampar, Dumai dan sekitaran Kota Pekanbaru.

Nengah Sujati menjelaskan Melasti merupakan salah satu rangkaian upacara yang diadakan seminggu atau beberapa hari menyambut Hari raya Nyepi, tepatnya untuk tahun ini jatuh pada hari Sabtu 17 Maret 2018. 

Upacara melasti dilaksanakan setiap satu tahun sekali yang bertujuan untuk menyucikan diri secara lahir dan batin sehingga setiap masyarakat Hindu membuang semua kelakuan buruk yang melekat pada dirinya sebelumnya.

Nengah berharap melalui upacara Melasti akan mampu memotifasi umat hindu secara ritual dan spiritual untuk melenyapkan penyakit sosial yang berada pada diri masing-masing sehingga benar- benar suci untuk  menyambut hari raya nyepi . Melebur segala macam kekotoran pikiran, perkataan dan perbuatan, serta memperoleh air suci , sehingga mampu  mengelola hidup yang seimbang lahir batin itulah makna melasti sesungguhnya tandasnya mengakhiri

Acara yang diakhiri dengan Doa dan Harapan yang baru menyambut Hari raya nyepi Tahun baru saka 1940 berujung pada Pukul 11.00 Wib (belen)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya