Tim Monev Bimas Islam Kankemenag Siak Kunjungi KUA Kecamatan Bungaraya

Ditulis Oleh riausiak Rabu, 14 Februari 2018, 14:44

Siak (Inmas) – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Siak melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan pelayanan publik yang cepat, tepat, , transparan dan tidak diskriminatif. Berbagai program pembangunan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sudah banyak dilakukan. Rabu, (14/02/18), melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) diadakan Monev ke sejumlah Kantor KUA di Kabupaten Siak, diantaranya yang disambangi tim monev adalah KUA Kecamatan Bungaraya.

Kedatangan tim Monev dari Seksi Bimas Islam Kankemenag Siak yang terdiri dari Amren, S.Pd.I, Fatimah, S.Pd.I dari Seksi Bimas Islam, Gunianto, S.Sos dari bagian KUB dan Hukum dan Ihsanul Hadi dari bagian Humas Kankemenag Siak ini dalam rangka melakukan pendataan peningkatan kualitas pelayanan nikah/rujuk KUA kecamatan berbasis IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat), dan pendataan lembaga keagamaan terbaru yang berada di Kecamatan Bungaraya.

Saat Monev, Amren, S.Pd.I selaku staf Seksi Bimas Islam Kankemenag Siak menyampaikan bahwa KUA merupakan unit kerja Kementerian Agama yang secara institusional berada paling depan dan menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat di bidang keagamaan.

Pelayanan KUA meliputi layanan nikah rujuk, bimbingan calon pengantin, pembinaan keluarga sakinah, pembuatan akta ikrar wakaf, pengukuran arah kiblat, pembinaan kemasjidan, penyuluhan agama, zakat, ibadah sosial, bimbingan mualaf, manasik haji, kerukunan umat beragama, pembinaan majelis taklim, sosialisasi produk halal, hisab rukyat, dan pembinaan LPTQ.

KUA dituntut untuk mampu memberikan pelayanan masyarakat secara optimal. KUA di setiap kecamatan diharuskan mempunyai sistem daring dengan basis data yang terpusat. Sehingga bisa mempercepat pelayanan publik karena data tersebut bisa diakses dari berbagai daerah. (Hd)

 

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya