MA. Yahusda laksanakan simulasi UNBK TP. 2017/2018

Ditulis Oleh riaurohil Selasa, 13 Februari 2018, 06:37

Rokan Hilir (inmas) – Madrasah Aliyah Yayasan Alhusna Darussalam, yang lebih dikenal dengan sebutan MA. Yahusda, yang berada di Jalan Sido Jaya Kepenghuluan Lenggadai Hulu Kecamatan Rimba Melintang adalah salah satu madrasah aliyah swasta yang ada di Kabupaten Rokan Hilir yang berdiri pada tahun 1994.

Diusianya yang sudah mencapai 24 tahun, MA Yahusda di Tahun Pelajaran 2017/2018 ini bertekad untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Walaupun madrasah ini berada di pedesaan. Namun karena pada tahun 2013 yang lalu mendapat bantuan lab komputer dari kementerian agama pusat berupa beberapa unit laptop berikut meja dan kursinya. Maka fasilitas tersebut sebagaimana keputusan rapat majelis guru untuk dimanfaatkan untuk mengikuti UNBK.

Hal ini disampaikan Kepala MA Yahusda Abdurrohman Tasrif, S.Pd.I saat diwawancarai inmas Kemenag Rohil di acara simulasi UNBK didampingi Kepala Tata Usaha Abdurrouf, S.Pd.

“Alhamdulillah MA Yahusda punya fasilitas laptop, akan kami manfaatkan semaksimal mungkin walau dalam pelaksanaan UNBK nanti dilaksanakan dua sesi karena jumlah yang terbatas”, ungkan Abdurrahman.

Setelah beberapa bulan ini mempersiapkan semua fasilitas untuk memenuhi kriteria Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akhirnya Madrasah Aliyah Alhusna Darussallam yakin dan percaya diri, siap untuk melaksanakan UNBK pada senin 9 April 2018 nanti.

Kepala TU MA Yahusda Abdurrauf, S.Pd.I menceritakan proses MA Yahusda menuju UNBK hingga dapat menggelar simulasi UNBK yang  bertempat di ruang lab komputer MA Yahusda. Simulasi ini dipantau langsung oleh Kepala Madrasah beserta panitia UNBK MA. Yahusda.

Simulasi berjalan dengan baik, semua fasilitas untuk menunjang kebutuhan UNBK sudah terpenuhi. Peserta UNBK MA Yahusda Tahun Pelajaran 2017/2018 ini berjumlah 22 siswa, laki-laki 9 siswa dan perempuan 13 siswi. Simulasi dilaksanakan selama dua hari dan dibagi menjadi  dua sesi. Sesi pertama pukul 07.30 WIB - 09.30 WIB dan sesi kedua pukul 10.00 WIB -12.00 WIB.

Lanjut Ka TU, Simulasi hari pertama, Rabu (7/2) tidak terdapat kendala apapun yang mengganggu jalannya simulasi. Namun sehari sebelum pelaksanakan simulasi, terdapat 3 laptop yang bermasalah dari 11 laptop yang digunakan. “saat saya cek kesiapan simulasi ada 3 laptop yang harus direset ulang”, katanya.

Di hari pertama ini, pukul 07.30 WIB - 09.30 WIB diikuti 11 siswa dan sesi kedua pukul 10.00 WIB -12.00 WIB diikuti 11 siswa juga dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika. Dan di hari kedua, Kamis (8/2), waktunya sama dengan hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Inggris dan mata pelajaran pilihan siswa dari jurusan IPS yang dianggap mampu menguasainya.

Kembali kepada Kepala Madrasah Abdurrahman Tasrief, mengakhiri wawancara dengan inmas Kemenag Rohil, ia menjelaskan, dalam simulasi ini seluruh peserta diharapkan dapat membiasakan diri dan selalu berlatih agar tidak ada kesalahan dalam menggunakan komputer.

“saya berharap kepada panitia UNBK MA Yahusda, masih ada beberapa bulan kedepan menjelang pelaksanaan UNBK TP 2017/2018, agar benar-benar serius dalam memproses ini semua, terutama menjaga laptop agar tidak bermasalah saat digunakan”, pintanya. (Nsh)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya