KBIH Arafah Pekanbaru Gelar Simulasi Umrah

Ditulis Oleh riaupku Senin, 12 Februari 2018, 11:59


Pekanbaru (Inmas), Dalam rangka memantapkan manasik  bagi jema’ahnya, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Arafah Pekanbaru hari Ahad tanggal 11 Februari 2018 gelar Simulasi Umrah. Informasi ini disampaikan langsung oleh Pengurus KBIH Arafah, H. Zamri, S.Ag, MH saat ditemui oleh tim inmas Kemenag Kota Pekanbaru ditempat acara kemarin. Senin (12/02).

Simulasi/ Praktek umrah tersebut dilaksanakan dengan start: Kantor Kemenag Kota Pekanbaru.( Sebagai  Kota Madinah), selanjutnya dari Madinah mereka naik bus menuju Bir Ali ( Masjid Raya Sultan Iskandar Muda jl. Air Hitam Kel. Bina Widya Kec. Tampan) Selama perjalanan didalam bus para jema’ah diajarkan apa-apa saja yang harus dibaca yang dipandu oleh ketua regu masing-masing (yang dalam hal ini diwakili oleh staf Haji Kemenag Kota Pekanbaru).

Sesampai di bir Ali jema’ah malaksanakan shalat ashar secara berjamaah. Untuk Selanjutnya Jema’ah menuju Kota Mekah ( terhitung masuk jalan Fajar) seraya diajari membaca do’a saat memasuki kota Mekkah. Setibanya di Mekkah jema’ah masuk hotel (Aula KBIH Arafah) untuk istirahat, makan malam dan shalat maghrib di masjid. Setelah shalat jema’ah melaksanakan tawaf, selanjutnya kembali shalat isya di masjid. Kemudian  melaksanakan sa’I dari Safa ke Marwa dan diakhiri dengan tahallul.

Dengan adanya simulasi ini seolah-olah jema’ah benar-benar melaksanakan umrah yang sesungguhnya. ‘ Kami merasakan seperti berada dalam suasana yang sesungguhnya, apalagi dengan memakai pakain ihram seperti ini’ Ungkap Adres salah seorang jema’ah saat diwawancarai oleh tim Inmas. (Idris). 

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya