Ketua BAZNAS Rohil ajak berantas kemiskinan melalui zakat dihadapan para haji

Ditulis Oleh riaurohil Minggu, 11 Februari 2018, 23:49

Ketua BAZNAS Rohil dan Kepala KUA Bagansinembah bersama 3 keluarga penerima bantuan zakat

Rokan Hilir (inmas) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rokan Hilir memberikan bantuan kepada 3 keluarga dhuafa atau tidak mampu berupa uang tunai masing-masing Rp. 2.000.000,- pada acara pelantikan pengurus IPHI kecamatan se Kabupaten Rokan Hilir pada Sabtu (10/2) kemarin di Hotel Bintang Mulia, Bagan Batu Kec. Bagan Sinembah.

Bantuan tersebut merupakan hasil dari pengumpulan zakat yang disalurkan kepada warga kurang mampu. Penyerahan bantuan dilakukan oleh Bupati Rohil H. Suyatno, Kepala Kemenag Rohil H. Agustiar dan disusul salah satu anggota DPRD Kab. Rokan Hilir setelah sebelumnya menerima penyerahan  dari Ketua BAZNAS Rokan Hilir Baharudiin, S.Pd.

Dalam sambutannya, usai pelantikan dan pengukuhan pengurus IPHI kecamatan se Kab. Rokan Hilir, Bupati Rohil menyempatkan waktu menyinggung persoalan zakat yang sedang marak dipemberitaan berbagai media. 

“Zakat sudah ada undang-undangnya dan sekarang menteri agama Lukman Hakim Saifuddin di kementeriannya tengah menggodok zakat PNS 2,5 % yang disebut zakat profesi”, jelsnya.

Coba bayangkan...! lanjut Bupati, di Rokan Hilir saja jumlah PNS 6000 orang, ambil saja 5000 orang yang berzakat dan buat saja rata-rata gaji 2 juta, kali 2,5 %, dalam 2 juta dikeluarkan zakatnya 50 ribu kali 5000 orang, maka akan terkumpul 250 juta perbulan kali 12 bulan, maka zakat dari PNS Kab. Rokan Hilir pertahun 3 milyar.

“maa syaa Allaah, itu baru dari PNS, dengan hitungan gaji terendah, apalagi kalau dipilah-pilah sesuai penghasilannya tentu lebih dari itu, belum lagi dari usaha-usaha lain, tentunya zakat yang dikelola melalui BAZNAS akan sangat membantu pembangunan di Rokan Hilir dalam mensejahterakan masyarakatnya”, ungkap Bupati penuh kagum.

Maka saat sambutan itu juga Bupati perpesan kepada pimpinan BAZNAS Rohil agar secara serius dan penuh amanah dalam mengelola zakat.

“zakat milik ummat, milik faqir miskin, BAZNAS mengelola dana yang merupakan kewajiban dan hak ummat dan merupakan perintah Allaah langsung dan ibadah mahdloh, maka harus hati-hati”, ujar Bupati menasihati.

Di sisi lain, Usai memberikan bantuan, Ketua BAZNAS Rohil Baharuddin menyatakan bahwa santunan itu merupakan hasil dari zakat dari orang-orang yang sudah tumbuh kesadarannya dalam memenuhi kewajiban hartanya. 

“saya baru dilantik kurang lebih satu bulan yang lalu, mari kita berantas kemiskinan dengan sama-sama berkontribusi terhadap zakat bagi yang sudah memenuhi syarat”, ajak Baharuddin saat dipersilakan Bupati untuk memperkenalkan diri di hadapan para haji dan hajjah.

Melalui zakat itu, Ketua BAZNAS yang akrab dipanggil Ucu Bahar ini menambahkan, BAZNAS Rokan Hilir insyaa Allaah bisa memberikan lebih banyak manfaat kepada para mustahiq. Salah satunya adalah santunan kepada anak-anak duafa agar bisa melanjutkan pendidikannya.

"Alhamdulillah sekarang kita bisa berbagi. Dengan uang itu kita bisa menghadirkan nilai-nilai kebaikan," katanya.

Dan kepada para orang tua yang menerima bantuan, Baharuddin menitipkan agar bantuan itu digunakan dengan sebaik-baiknya. Baginya, anak adalah amanah yang harus dijaga dengan sepenuh hati.

"Anak-anak itu amanah dari Allah yang harus dijaga jangan sampai mereka gagal dalam kehidupan ini," pesan Baharuddin.

Ia pun mengingatkan kepada para orang tua agar selalu menghadirkan lingkungan yang baik bagi anak. Lingkungan yang baik dan sehat akan melahirkan generasi yang kuat dan berakhlak baik.

"Orang tua harus menghadirkan rumah tangga yang kuat, maka anak akan tumbuh menjadi generasi yang rabbani, Insya Allah," pungkasnya saat diwawancarai inmas Kemenag Rokan Hilir. (Nsh)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya