H. Agustiar dampingi Bupati Rohil pada acara pelantikan pengurus IPHI kecamatan se Kab. Rokan Hilir

Ditulis Oleh riaurohil Sabtu, 10 Februari 2018, 22:17

Kakan Kemenag Rohil bersama Bupati Rohil saat pelantikan pengurus IPHI kecamatan se Kab. Rohil

Rokan Hilir (inmas) - Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Rokan Hilir melaksanakan Pelantikan dan pengukuhan Pengurus IPHI Kecamatan se Kabupaten Rokan Hilir Periode 2017-2022, di Ballroom Hotel Bintang Mulia, Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah, Sabtu (10/2).

Acara tersebut dihadiri Bupati Rokan Hilir H. Suyatno, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kab. Rokan Hilir, Kepala Kantor Kementerian Agama Rokan Hilir H. Agustiar, S.Ag, Forkopimda Rohil, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Rokan Hilir, Camat se Kab. Rohil, Kepala KUA se Kab. Rohil, Kapolsek Bagan Sinembah, Koramil Bagan Sinembah, Pengurus IPHI Kab. Rokan Hilir, Ketua Lembaga Adat Melayu Kab. Rohil, para haji dan hajjah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan undangan lainnya.

Acara dipandu seorang protokol senior Edi Subroto, dengan pantun-pantun melayunya yang begitu indah. Ia mengawali dengan mengajak hadirin membaca basmallah. Dilanjutkan dengan kumandang lagu Indonesia Raya mengawali acara penuh semangat kebangsaan.

Acara dilanjutkan dengan lantunan suara indah Hasbuna, menyejukkan kalbu, yang membacakan ayat-ayat akhir surat An-Naba dan ayat Al-Quran tentang haji. Suasana hening, sesekali disetiap akhir ayat hadirin mengucapkan asma Allaah. Sepertinya hadirin yang mayoritas para haji menikmati dan meresapi lantunan ayat suci Al-Quran.

H. Mukhlis, S.Ag, Kepala KUA Kecamatan Bagan Sinembah mengisi acara selanjutnya pembacaan doa mewakili Kepala Kantor Kemenag Rohil H. Agustiar, agar menambah keberkahan acara. Usai pembacaan doa, gegap gempita lagu himne dan mars Rokan Hilir menggema memenuhi ruangan Ballroom Hotel Bintang Mulia.

Memasuki acara prosesi pelantikan dan pengukuhan pengurus IPHI Kecamatan se Kab. Rokan Hilir, H. Tarmizi terlebih dahulu membacakan surat keputusan IPHI Kabupaten Rokan Hilir sekaligus susunan pengurus IPHI kecamatan se Kab. Rokan Hilir.

Ketua IPHI Kec. Bagan Sinembah H. Usman Ade, Kec. Bangko H. Hasbullah, S.Ag, Kec. Sinaboi H. Khairul Hatta, Kec. Batu Hampar H. Amiruddin, Kec. Rimba Melintang H. Tengku Ahmad Zainal, Kec. Bangko Pusako H. Sukirman, M.Pd, Kec. Tanah Putih Tanjung Melawan H. Indra Hadi, Kec. Tanah Putih H. Julizar, MM, Kec. Rantau Kopar H. Khaidir, Kec. Pujud H. Mawardi, Kec. Balai Jaya H. Dedi Masrul, Kec. Bagan Sinembah Raya H. Zul Fikar, S.Ag, Kec. Tanjung Medan H. Jonrizal, Kec. Pasir Limau Kapas H. Abdurrahman Yus, S.Pd.I, Kec. Simpang Kanan H. Hasan Basri, Kec. Kubu H. Ridwan Syarif, Kec. Pekaitan H. Tarmizi dan Kec. Kubu Babussalam H. Syamsudin, MS, M.Pd.

Setelah dibacakan Surat Keputusan, 18 ketua IPHI kecamatan berbaris di depan mimbar utama untuk dilantik dan dikukuhkan oleh Bupati Rokan Hilir H. Suyatno. Usai pengukuhan selanjutnya penyerahan surat keputusan kepada para ketua IPHI Kecamatan secara bergantian dimulai dari Bupati Rokan Hilir, Kepala Kankemenag Rokan Hilir H. Agustiar dan Sekretaris IPHI Kab. Rokan Hilir H. Muhammad Zein mewakili Ketua H. Surya Arfan pada saat itu sedang dinas luar. 

Disela-sela pelantikan dan pengukuhan pengurus IPHI kecamatan, Bupati Rokan Hilir didampingi Kepala Kankemenag Rohil dan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kab. Rokan Hilir Baharuddin, S.Pd.I menyerahkan bantuan kepada 3 keluarga duafa atau tidak mampu masing-masing 2 juta rupiah.

Sebagai penghujung acara dan yang ditunggu hadirin, sambutan Bupati Rokan Hilir H. Suyatno. Dengan gayanya yang santai H. Suyatno dalam sambutannya mengucapkan tahniah kepada haji dan hajjah yang telah dipercayakan teman-teman haji yang lain menjadi pengurus IPHI kecamatan. Bupati juga mengingatkan kepada pengurus IPHI bahwa IPHI bukan gerakan politik, bukan lembaga politik. IPHI adalah organisasi yang independen, bergerak dalam bidang sosial keagamaan.

“IPHI wadah berkumpulnya haji dan hajjah sebagai sarana pengabdian kepada agama, bangsa dan negara terutama masyarakat Kabupaten Rokan Hilir”, kata H. Suyatno.

Selanjutnya Bupati Rokan Hilir merasa bangga karena Jamaah Calon Haji (JCH) yang berangkat dari Kab. Rokan Hilir dari tahun ke tahun terus meningkat. “tahun ini JCH kita 260 orang dan tidak terasa dari sejak berdirinya Kabupaten Rokan Hilir, sudah 5000 orang Rohil yang sudah menunaikan ibadah haji, ini sangat membanggakan kita”, ungkapnya.

Dalam pelaksanaan haji di Kabupaten Rokan Hilir, Bupati sangat memuji pelayanan haji oleh Kementerian Agama Rokan Hilir dan Bagian Kesra Pemda Rokan Hilir. Bahkan beliau meminta kepada kedua instansi itu untuk mempercepat kegiatan manasik haji, baik yang diselenggarakan Pemda maupun Kemenag Rohil.

“jangan biasakan manasik diujung waktu, lebih cepat lebih baik”, pintanya.

Usai acara, Inmas Kemenag Rohil berbincang dengan Kepala Kemenag Rohil H. Agustiar perihal pelantikan dan pengukuhan pengurus IPHI kecamatan se Kab. Rokan Hilir. Kakan Kemenag Rohil merasa senang dapat bertemu, menyambung tali silaturrahmi dengan haji dan hajjah se Kab. Rokan Hilir. “pertemuan ini serasa di Makkah saat haji dulu, semua berpakaian serba putih, apalagi tadi dipimpin membaca kalimah talbiyyah, merinding saya, betul-betul seperti sedang thawaf”, ujarnya.

H. Agustiar juga mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus IPHI kecamatan se Kab. Rohil. Ia berharap, IPHI dapat bergerak dengan satu komitmen dan mampu bersinergitas serta mampu menjadi organisasi yang dapat digerakkan untuk melakukan dakwah.

“Semoga IPHI dapat menyelaraskan pembangunan dengan Pemerintah Daerah dapat terus berkesinambungan  sehingga dapat membantu Pemerintah Daerah dalam menjalankan programnya”, Kata H. Agustiar.

Masih dalam obrolan bersama Kakan Kemenag Rohil, H. Agustiar menjelaskan IPHI adalah orang-orang yang sudah melaksanakan Ibadah Haji, maka orang yang sudah melaksanakan Ibadah haji harus bisa menjadi suri tauladan untuk kehidupan di masyarakat. (Nsh)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya