Merancang madrasah hijau, Adiwiyata MAN 1 Rokan Hilir.

Ditulis Oleh riaurohil Jum'at, 09 Februari 2018, 17:38

Pembinaan madrasah adiwiyata MAN 1 Rokan Hilir

Rokan Hilir (inmas) - Satu persatu dan setapak demi setapak Madrasah yang ada di Lingkungan Kantor Kemenag Kab. Rokan Hilir menyandang gelar Madrasah Adiwiyata. Untuk menjadi Madrasah Adiwiyata, tentu bukanlah perkara mudah semudah membalikkan telapak tangan. Untuk itu, demi mewujudkan Madrasah tersebut, MAN 1 Rokan Hilir menggelar Pembinaan Madrasah Menuju Adiwiyata. Tepatnya Jumat (9/2) bertempat di Ruang aula MAN 1 Rokan Hilir.

Kegiatan pembekalan menuju Madrasah Adiwiyata di MAN 1 Rokan Hilir, dimulai pukul 08.30 WIB, dan dibuka oleh Kepala MAN 1 Rokan Hilir Dra. Hj. Rahmawati, M.Pd.I.

Pada sambutannya kepala MAN 1 Rohil, Dra. Hj. Rahmawati, M.Pd mengucapkan terima kasih atas kedatangan dan kepedulian Dinas Lingkungan Hidip Kab. Rokan Hilir kepada MAN 1 Rohil sebagai satu satunya Madrasah Aliyah Negri di Kabupaten Rokan Hilir.

Lanjut Hj. Rahmawati, saya akui MAN 1 Rokan Hilir dalam hal madrasah adiwiyata memang tertinggal selangkah dengan madrasah aliyah swasta yang ada. Seperti MA Yahusda Kec. Rimba Melintang, baru-baru ini menerima penghargaan madrasah adiwiyata dari gubernur Riau, tingkat provinsi Riau.

“oleh karena itu, melalui acara ini, saya mengaharapkan kepada seluruh pegawai, karyawan dan siswa siswi MAN untuk mulai dari sekarang, dari diri sendiri merancang dan mendesain MAN 1 Rokan Hilir menuju Madrasah Adiwiyata”, tegasnya.

Hadir pada acara tersebut Bapak Saiful Anwar mewakili Dinas Lingkungan Hidup Kab. Rokan Hilir. Dalam sambutannya Saiful Anwar mengingatkan bahwa kepedulian terhadap lingkungan harus menjadi bagian dari setiap orang, tidak hanya kepala madrasah tetapi semua pihak, keluarga MAN 1 Rohil harus ikut menciptakan lingkungan yang sehat.

“jika lingkungan madrasah hijau, asri, sejuk, maka suasana belajar mengajarpun akan terasa nyaman dan ilmupun akan mudah masuk kedalam hati dan pikiran”, ungkapnya.

Sebagai narasumber pada acara kali ini salah satu tim adiwiyata Kabupaten Rokan Hilir Bapak Alkahfi Sutikno, berasal dari Desa Mukti Jaya Kecamatan Rimba Melintang, juga salah satu guru di MA Yahusda Kec. Rimba Melintang.

Dalam paparannya Alkahfi menyampaikan, bahwa dalam totalitas kegiatan Adiwiyata ini semua dewan guru diharapkan untuk menyusun RPP sebagai Alat Penunjang dalam hal Pembelajaran dan sekaligus mencerminkan budaya Adiwiyata.

Alkahfi menambahkan bahwa kegiatan Adiwiyata ini kita lakukan dengan harapan dapat melaksanakan Good Practice yang berwawasan Lingkungan. Dalam pelaksanaan Pembinaan ini, seluruh guru dilibatkan guna untuk menambah Ilmu dan Wawasannya, baik pembelajarannya maupun makna dan arti dari Adiwiyata itu sendiri. (Nsh)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya