Penyelenggara Kristen kemenag Pelalawan Sukses Prakasai Natal Oikumene Kabupaten Pelalawan

Ditulis Oleh riaupllwn Selasa, 09 Januari 2018, 08:21

 

Pelawan (Inmas) Berdasarkan realese berita yang diterima Humas Kemenag Pelalawan dari Penyelenggara Kristen Liston Alfian Naibaho, SE mengenai Perayaan Natal Oikumene Kabupaten Pelalawan Tahun 2017 bahwa Pertemuan dengan para pimpinan gereja Kristen dan Katolik pada tanggal 14 November 2017 yang diprakarsai oleh Penyelenggara Kristen menjadi langkah awal terselenggaranya even ini. Perayaan Natal Oikoumene Kabupaten Pelalawan Tahun 2017 sukses terlaksana pada hari Selasa, 26 Desember 2017. Ribuan umat memadati Gedung Sopo Pane yang terletak di Jalan Lingkar Pangkalan Kerinci. Bukan hanya di dalam gedung, beberapa tenda yang disiapkan Panitia juga terisi penuh. Tua muda, laki-laki perempuan, dari berbagai denominasi gereja di Kabupaten Pelalawan hadir memadati lokasi perayaan.

 

Perayaan ini merupakan perayaan tingkat Kabupaten Pelalawan yang pertama sejak kabupaten ini resmi berdiri tahun 1999 dan merupakan  gelaran bersama PGI Daerah Pelalawan, PGPI Kabupaten Pelalawan, dan Gereja Katolik di Pelalawan.

 

Ibadah dipimpin oleh Pdt. Dr. Robinson Butarbutar (Ketua Rapat Pendeta HKBP) dan mengambil thema kotbah dari thema bersama PGI – KWI pada Natal 2017, yaitu Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah Dalam Hatimu (Kolose 3 : 15.a). Dalam kotbahnya beliau mengingatkan semua umat agar senantiasa hidup damai dengan semua orang, dengan lingkungan sekitar, bahkan juga dengan orang-orang yang mungkin telah menyakiti hati kita. Di sela-sela kotbahnya, beliau juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Pelalawan dan kepolisian yang telah mendukung terlaksananya even ini.

 

Bupati Pelalawan yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Pelalawan Drs. Tengku Mukhlis, M.Si. atas nama Pemerintah Kabupaten Pelalawan mengapresiasi even ini dan menyatakan mendukung terlaksananya even serupa di tahun 2018 dan akan mengalokasikan pendanaannya melalui APBD Kabupaten Pelalawan Tahun 2018. Di samping itu, beliau juga mengajak semua pihak agar tetap menjaga kerukunan dan kedamaian di Kabupaten Pelalawan mengingat tahun 2018 dan 2019 merupakan tahun-tahun politik, Pilgubri (2018), Pilpres dan Pileg (2019).   

 

Turut hadir pada perayaan ini Pdt. Edward Aritonang, S.Th. (Ketua Panitia), Pdt. Talizan Olo Lafau, S.Th. (Ketua  PGI Daerah Pelalawan), Pengurus PGPI Kabupaten Pelalawan, Pastor Aloysius Suyoto, SCJ. (Pastor Paroki Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Pangkalan Kerinci), Liston Alfian Naibaho, SE. (Penyelenggara Kristen Kementerian Agama Kabupaten Pelalawan), Suprianto, SP. (Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan), Ir.  Rustam Sinaga (DPRD Kabupaten Pelalawan), Monang Pasaribu, S.Sos. (DPRD Kabupaten Pelalawan), Eliman Manurung (DPRD Kabupaten Pelalawan), H. Fadil Harahap (Ketua FKUB Kabupaten Pelalawan), GAMKI Kabupaten Pelalawan, PWKI Kabupaten Pelalawan, para pelayan gereja Kristen dan Katolik, serta Panitia. Di akhir acara, Panitia memberikan bingkisan kasih kepada seluruh pelayan gereja Kristen dan Katolik yang hadir pada kegiatan ini. (AA/LAN).

 

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya