Proyek KUA SBSN Rampung, Kakanwil Kemenag Riau Sambangi Lokasi

Ditulis Oleh vera Rabu, 27 Desember 2017, 15:51

Riau (Imas) – Memasuki tahap finishing Pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Pinggir yang mengunakan dana SBSN, disambangi Kaknwil Kemenag Riau Drs H Ahmad Supardi MA beserta rombongan tim Inmas pada Rabu (27/12).

Monitoring yang juga turut didampingi Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syari’ah Drs H Irhas MA, Kakanwil menyusuri bangunan dari ruang ke ruang sambil sesekali berbincang dengan Kasi Bimas Islam Kemenag Kab Bengkalis Drs H Syamsir dan H Charles Kepala KUa Kecamatan Mandau.

Saat meninjau lokasi, Ahmad Supardi menyatakan pembangunan 3  KUA Kecamatan se provinsi Riau Dua di Bengkalis dan 1 di Rengat Inhu, secara keseluruhan sudah hampir rampung, secara fisik sudah 100 persen ini, tinggal permbersihan pembersihan lahan dan finishing, maka diharapkan jelang 31 Desember ini dapat diselesaikan oleh pihak pemborong”, ucapnya.

Ia menginginkan ini bisa dijadikan model kedepan, tahun lalu kita sudah bangun 1 unit KUA dan tahun ini ada 3 kantor KUA yang kita bangun. Semoga kedepan di Tahun 2018 ini bisa kita jadikan model, dan insyaallah kita akan bangun lagi sebanyak 8 unit kantor KUA dan diharapkan sudah bisa lebih cepat kemajuannya dari yang sekarang ini.

Pada kesempatan itu ia menekankan beberapa hal yang harus kita perhatikan, melihat masih ditemukan beberapa kelemahan kelemahan dalam proses pembangunan kantor tersebut. Ia menilai ada beberapa item yang tidak sinkron dengan gambar dengan Rab nya, ujar Ahmad, sebagai contoh jalan akses masuk ke kantor ini belum ada jembatannya, kalau ditengok di gambar dan di RABnya memang tidak masuk. Tahun depan diharapkan sudah kita persiapkan tentang akses jalan ini, termasuk untuk kawasan parkirnya, sebut pejabat low profile ini. “Semoga di Tahun 2018 hal hal seperti ini sudah terakomodir dengan baik sehingga dana SBSN ini bisa kita realisasikan secara maksimal mengingat ini adalah kebijakan nasional yang saya pikir sangat menguntungkan bagi daerah”, tegasnya.

Lebih dari itu, yang tak kalah penting adalah bagaimana memanfaatkan gedung kantor yang cukup megah ini.”Untuk ukuran kantor Kecamatan ini sudah megah, sementara pegawainya hanya dua orang, sementara kantor ini bisa muat untuk kapasitas 20 orang pegawai”, ujarnya. Untuk itu saya harapkan kantor ini bisa dimanfaatkan untuk kantor para pengawas, sehingga pengawas juga bisa menempati kantor ini dan dapat melaksanakan tugas dan pengawasan lebih bagus lagi untuk madrasah kita.

Hal itu dibenarkan oleh H Irhas selaku Kabid Urais Kanwil Kemenag Riau, bahwa proyek pembangunan gedung balai nikah dan manasik haji itu merupakan proyek yang dibiayai dari Surat Berharga Syariah negara (SBSN) dimana terdapat perjanjian yang harus disepakati antara berbagai pihak.

Ia mengatakan, kelemahan yang terjadi pada tahun ini sepatutnya menjadi catatan penting bagi kita semua, agar di tahun mendatang tidak akan terulang lagi, terang Irhas menanggapi yang diungkapkan Kakanwil. Dengan rampungnya gedung kantor balai nikah dan manasik haji pada dua Kabupaten dan tiga kecamatan di kabupaten Bengkalis ini, pihaknya sangat berharap bisa melecut motivasi dalam meningkatkan kinerja, sekaligus harus berbangga sebagai ASN Kemenag dalam  upaya mendorong pembinaan dan pembangunan umat.

Irhas menambahkan, Insyaallah untuk tahun depan Riau mendapat 8 jatah proyek SBSN lagi dimana akan dibangun untuk gedung KUA ini di Inhil sebanyak dua kecamatan, di Inhu 2 Kecamatan, Pelelawan 1 Kecamatan, dan 1 kecamatan di Dumai.

Sementara itu Kasi Bimas Islam Kab Bengkalis Drs H Syamsir mengungkapkan untuk KUA Pinggir Kab Bengkalis secara fisik sudah kelar 100 persen, namun tiga bulan kedepan dikatakannya masih tetap akan dilakukan pemeliharaan sesuai dengan jaminan yang telah disepakati. Pihaknya mengaku terkait proses pembangunan selama ini, kami hanya terkendala cuaca yang sering hujan ucap, ditambah lagi kita dari PPK tidak bersertifikat, jadi banyak meraba raba dalam bekerja selama ini ungakapnya lagi,. Namun alhamdulillah berkat dukungan semua pihak, baik itu dari Kakanwil, Kankemenag, pengawas, konsultan alhamdulillah kita dapat menyelesaikan ini semua tepat waktu.

Ia berharap kedepan agar bisa ditambah pegawai untuk kantor baru tersebut. "Semoga kedepan akan ada penambahan pegawai untuk kantor yang berukuran cukup besar, untuk saat ini hanya dua pegawai wanita dan 1 Plt ucapnya, sementara ruang kantor sudah sedemikian banyak, saya secara pribadi meminta dan berharap Kakanwil untuk melakukan pemerataan pegawai, kalau bisa yang dari Mandau bisa pindah kesini, harapnya. (vera/eka/faj)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya