Kakanwil Riau Wisuda 5.803 Santri MDTA dan MDTW Inhu

Ditulis Oleh imuss Senin, 31 Juli 2017, 10:31

Indragiri Hulu (Inmas)- Kakanwil Kemenag Riau Drs H Ahmad Supardi MA bersama Bupati Indragiri Hulu (Inhu), H Yopi Arianto SE, mewisuda 5.803 santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (MDTA) dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Wushto (MDTW) Angkatan VII se-Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Tahun 2017.

Wisuda Akbar tersebut berlangsung di lapangan kantor Bupati Inhu, Ahad (30/7/2017) dengan ikut serta pada acara wisuda wakil Bupati Khairizal SE MSi, Pejabat Eselon III Kanwil Kemenag Riau, Kakankemenag Inhu H Abdul Kadir, Plt Setda Inhu Ir Hendrizal MSi, Assistent l Arsyan, Staff kepemerintahan, Ketua DPRD Inhu Miswanto, Ketua MUI Inhu H Waha, Dandim 0302 Inhu Mujiburahman Hadi SE, Kapolres Inhu diwakili oleh Kabag ops Kompol Frenky Tambunan, Kabag Sumda Kompol Amril SSos MH, para Kepala Dinas (Kadis), para Camat se-Inhu dan para undangan lainnya.

Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Riau, Drs H Ahmad Supardi MA, saat memberikan sambutan dalam pelaksanaan wisuda serentak santri MDTA dan MDTW angkatan VII se Kabupaten Inhu, memberikan apresiasi yang cukup besar kepada Bupati Inhu yang telah memajukan dunia pendidikan keagamaan di Kabupaten Inhu.

“Atas nama pribadi dan keluarga besar Kementerian Agama Provinsi Riau saya sangat mengapresiasi berbagai kegiatan yang telah dilakukan Bupati Inhu H Yopi Arianto dalam upaya memajukan pendidikan keagamaan di Kabupaten Inhu. Salah satunya pelaksanaan wisuda serentak santri MDTA dan MDTW ini,” ujarnya.

Wisuda serentak santri MDTA dan MDTW Hal ini adalah sebagai salah satu bentuk upaya memajukan pendidikan keagamaan di Kabupaten Inhu. Dirinya menilai, penyelenggaraan wisuda yang sudah dilaksanakan selama tujuh tahun terakhir ini merupakan bukti nyata keseriusan orang nomor satu di Kabupaten Inhu tersebut untuk berupaya memberantas buta aksara baca tulis Al Qur’an yang dimulai sejak dini.

“Kepada pihak Kemenag Inhu, terkait data kegiatan keagamaan yang telah dilaksanakan selama kepemimpinan Bupati H Yopi Arianto untuk kedepan diusulkan kepada pihak Kementerian Agama pusat,” usulnya.
 
Berdasarkan data yang disampaikan Kepala Kantor Kemenag Inhu H Abdul Kadir, pelaksanaan wisuda MDTA/MDTW yang telah menginjak tahun ke tujuh ini diikuti sebanyak 5.803 santri. Bahkan, sejak tahun pertama penyelenggaraannya, jumlah yang telah berhasil diwisuda mampu mencapai 42 ribu santri.

"Ini sangat luar biasa dan saya bangga dengan bapak bupati Yopi yang sudah melaksanakan kegiatan wisuda akbar ini selama 7 tahun berturut turut dengan mewisudakan sebanyak 42.000 lebih santri selama 7 tahun terakhir," ungkapnya dan menilai patut menjadi tradisi karena mengandung banyak manfaat seperti yang disebutkan dalam hadist Riwayat Bukhori Muslim, siapa yang melaksanakan tradisi-tradisi yang baik maka akan mendapatkan pahala yang baik pula, maka pahalanya itu akan tetap mengalir. (mus)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya