Kakanwil Apresiasi Tugas Administrasi

Ditulis Oleh novam Minggu, 23 Juli 2017, 13:48

Riau (Inmas) – Orientasi Administrasi Umum yang diadakan selama 4 hari dari tanggal 22 s/d 25 Juli 2017 di Hotel Dafam, Pekanbaru, merupakan kegiatan rutin tahunan pada anggaran Subbag Umum Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Prov. Riau. Kegiatan yang diikuti oleh peserta dari satker ka/kota di bawah naungan Kementerian Agama Riau.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang bermaterikan tentang pengadministrasian umum serta kebijakan dan peraturan yang berlaku pada saat ini. 40 orang peserta yang kami undang merupakan kepala tata usaha serta pegawai yang berada pada satker Kankemenag Kab/Kota dan madrasah terpilih. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan peraturan terbaru mengenai administrasi umum dan memberikan materi mengenai administrasi umum baik teori dan praktek,” jelas Ketua Panitia, Helmiza Rahman.

Perempuan manis ini juga berharap agar peserta yang telah hadir dapat mengikuti rangkaian kegiatan sepenuhnya, fokus dan serius, sehingga output kegiatan ini dapat diaplikasikan pada satker masing-masing.

Pada kesempatan yang sama, Ka. Kanwil Kemenag Provinsi Riau, Drs. H. Ahmad Supardi, MA, memberikan pengarahan sekaligus membuka kegiatan ini secara resmi. Dalam arahannya, Ahmad Supardi mengungkapkan betapa pentingnya urusan administrasi akan kemajuan proses kinerja di perkantoran terutama Kemenag Riau.

“Pekerjaan administrasi bukanlah tupoksi yang paling rendah, justru administrasi merupakan tugas yang paling utama diantara pekerjaan lainnya. Bahkan dapat dikatakan administrasi dapat menentukan maju atau tidaknya perkembangan kantor kita,” ungkap Ahmad Supardi.

Beliau pun memberikan contoh mengenai tata persuratan bahwa dalam hal pembuatan surat yang bersifat kedinasan harus disesuaikan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar surat tersebut dijamin legalitasnya.

“Kemudian mengenai pengaturan dalam peletakkan surat dan arsip penting yang harus dibukukan sesuai dengan penomoran dan sifatnya. Hal ini bertujuan untuk mendokumentasikan surat-surat tersebut agar lebih mudah ditemukan dan tetap terjaga keberadaannya,” jelas Bapak 3 orang ini.

Pegawai yang memiliki tupoksi pengadministrasi, lanjut Beliau, adalah pegawai yang memiliki ketelitian,  ketekunan serta kedisiplinan dalam mengarsipkan surat dan berkas sekaligus mampu membuat surat dinas sesuai dengan ketentuan yan berlaku.

“Jadi, didalam stuktur organisasi tidak ada bagian-bagian yang paling diutamakan dan didahulukan karena semuanya berkolaborasi dan saling terkait satu sama lainnya. Hal inilah yang harus kita jaga, saling berkoordinasi dan bekerja sama agar proses kinerja di dalam instansi kita ini dapat berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan,” himbau Ka. Kanwil yang juga seorang penulis.

Pada akhir sambutannya, Beliau berharap para peserta dapat menikmati dan menerima  materi dengan pikiran yang terbuka agar materi tersebut dapat diaplikasikan pada satker masing-masing. (nvm/fadz)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya