Kasi Haji Umumkan Jadwal Manasik JCH Pekanbaru

Ditulis Oleh riaukota Sabtu, 17 Juni 2017, 14:47

Manasik Haji di Mesjid Raya An-Nur

Pekanbaru (Kota) - Persiapan proses keberangkatan ibadah haji ke tanah suci Makkah terus dilaksanakan pihak Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pekanbaru. Setelah melaksanakan tahapan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) dan paspor haji, sekarang giliran mempersiapkan kegiatan simulasi atau manasik haji. Jamaah Calon Haji (JCH) Pekanbaru diminta untuk mempersiapkan diri.

Kepala Seksi (Kasi) penyelenggaraan ibadah haji dan umrah Kemenag Kota Pekanbaru, H Defizon SKom mengatakan bahwa rangkaian  kegiatan manasik haji dimulai ditingkat Kota Pekanbaru. Kegiatan manasik bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang rangkaian ibadah haji secara teknis di lapangan. Dengan manasik haji maka calon jamaah diharapkan bisa lebih memahami rangkaian ibadah haji ketika di tanah suci Makkah.

Pelaksanaan manasik haji diberikan batas waktu selama sepuluh hari. Manasik tingkat Kota Pekanbaru selama dua hari dan tingkat Kecamatan selama delapan hari. Waktu yang diberikan lebih dari sepekan itu dinilai sudah mencukupi untuk kegiatan manasik haji.

“Manasik tingkat kecamatan dimulai tanggal 6-15 Juli 2017 dikecamatan masing masing,” ujar Defizon kepada Riau Pos, kemarin.

Defizon mengatakan tentang jadwal dan tempat manasik sudah ditetapkan. Bagi JCH yang ingin mendapatkan informasi tentang kegiatan manasik haji bisa datang ke kantor Kemenag Pekanbaru bertanya pada petugas, atau mendatangi kantor KUA setiap kecamatana sesuai dengan domisili calon jamaah.

“Tempat manasik bisa minta info ke KUA kecamatan masing-masing,” tambahnya.

Puncak kegiatan manasik haji juga sudah dijadwalkan oleh pihak Kemenag Pekanbaru. Jadi selain melaksanakan di tingkat kecamatan masing masing, pelaksanaan manasik haji juga akan dilaksanakan di Masjid Raya An-Nur. Kegiatan manasik tersebut selain membahas rangkaian ibadah haji juga untuk mengetahui pemahaman setiap JCH tentang rangkaian ibadah haji setelah mengikuti manasik di kecamatan.

Kegiatan manasik haji di Masjid Raya An-Nur dilaksanakan bersama-sama untuk JCH Kota Pekanbaru. Dilaksanakan hanya dua kali yaitu pada pembukaan pada 5 Juli dan 18 Juli 2017.

“Insya Allah manasik tingkat kota Pekanbaru dilaksanakan di Masjid Raya An-Nur tanggal 5 Juli dan 18 Juli mulai pukul 07.15 WIB sampai 12.00 WIB,” tuturnya. (ilo)
kembali ke daftar berita

Berita Lainnya