Semangat Berzakat di Kecamatan Kandis Luar Biasa

Ditulis Oleh riausiak Kamis, 15 Juni 2017, 12:20

Siak (Inmas) – Gemar Berzakat di Kecamatan Kandis berlangsung sukses luar biasa. Sempena kegiatan Gerakan Masyarakat Siak Berzakat Tahap II yang ditaja oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Siak di Masjid Raya Sultan Assyaidis Syarif Qasyim Abdul Jalil Syaifuddin, Telaga Sam Sam, Kecamatan Kandis.

 

Acara yang di hadiri oleh Bupati Siak, Drs. H. Syamsuar, M.Si, Camat Kandis, Irwan Kurniawan, Kepala KUA Kecamatan Kandis, Kamarizun, S.HI, Pengurus UPZ Kecamatan, para donator dari perusahaan Serta ratusan mustahik calon penerima bantuan zakat.  Dalam sambutannya, Bupati Siak Syamsuar mengimbau kepada para pengurus BAZNAS dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan agar mendata setiap muzaki yang ada di kecamatan dan kampung-kampung.

 

Kehadiran orang nomor 1 di Siak ini menjadi magnet tersendiri bagi para muzaki untuk membayar zakat. Syamsuar mengatakan, potensi zakat di Siak masih bisa digali lagi. Hanya saja perlu gerakan atau sentuhan yang mengena hati masyarakat sehingga mereka membayar kewajiban zakat. "Buat gerakan dengan sentuhan rohani sehingga orang tersentuh untuk berzakat. Ini harus kita lakukan, sebab soal zakat tanggung jawab saya sebagai pemimpin terhadap rakyat," ungkap Syamsuar.

 

Terkait zakat ini juga, Syamsuar, mengucapkan terima kasih kepada amil zakat karena setiap tahun memang ada peningkatan namun belum signifikan. "Untuk signifikan pungutan zakat ini, ya kita perlu sentuhan-sentuhan rohani tadi kepada muzaki," ucap Syamsuar. Pada kesempatan itu zakat terkumpul luar biasa, lebih dari Rp 195.392.000 juta. Dan secara total dari empat Kecamatan di Siak, zakat yang terkumpul selama Ramadan             Rp 559.934.771 juta lebih. Angka ini akan bertambah lagi lantaran gerakan ini masih berjalan hingga ke 3 kecamatan lagi.

 

Adapun masing-masing kecamatan yang sudah dijalani Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak mengumpul zakat adalah, Kecamatan Gasib terkumpul Rp 35 juta, Kecamatan Lubuk Dalam, lebih dari Rp 176 juta zakat yang terkumpul, Kecamatan Dayun terkumpul sebanyak Rp 152 juta lebih. Ketua Baznas Siak, H Abdul Rasid Suharto Pua Upa mengatakan pungutan zakat tahun ini, di luar Gemar Siak Berzakat hingga Juni 2017 sudah terkumpul Rp 5 miliar meski kondisi ekonomi yang sulit. Bisa saja hingga akhir tahun nanti akan terkumpul hingga Rp 10 miliar.

 

Rasyid mengaku kagum dengan Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi, yang begitu semangat dengan Gemar Siak Berzakat. Di tengah kesibukannya sebagai pemimpin tetap menyempatkan diri menghadiri kegiatan ini sekaligus menjadi amil zakat. Dukungan Bupati Siak ini tidak hanya pada dukungan moril namun juga pada dukungan lainnya. Hal ini membangkit semangat amil dan muzaki untuk menggalakkan zakat, ungkap Abdul Rasid yang melihat sosok orang nomor satu di Negeri Istana itu memang menjadi magnet tersendiri bagi muzaki untuk membayar zakat. (Hd)

 

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya