Pemerintah Kepenghuluan Lenggadai Hulu gelar rapat pembentuk panitia amil zakat dan pelaksanaan shalat idul fitri 1438 H

Ditulis Oleh riaurohil Sabtu, 10 Juni 2017, 23:29

Suasana rapat pembentukan panitia amilzakat dan persiapan pelaksanaan shalat idul fitri 1438 H

Rokan Hilir (inmas) – Pemerintah Kepenghuluan Lenggadai Hulu, hari ini, Sabtu, 16 Ramadhan 1438 H bertepatan dengan 10 Juni 2017 M jam 21.00 WIB melaksanakan rapat pembentukan panitia amil zakat dan persiapan pelaksanaan shalat idul fitri, di Masjid Jami Al-Mustaqim Lenggadai Hulu.

Hadir pada rapat tersebut Penjabat Penghulu Lenggadai Hulu Supianto, S.Pd, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Suhardi Johar, segenap pengurus masjid jami Al-Mustaqim, para ustadz, pra haji, para khalifah, seluruh pengurus Masjid/Mushalla se Kepenghuluan Lenggadai Hulu.

Sebelum rapat dimulai terlebih mendengarkan sambutan dari Datuk Penjabat Penghulu Lenggadai Hulu Supianto. Dalam sambutannya Supianto mengharapkan agar kepanitiaan amil zakat di Kepenghuluan plus pengumpulan dan pembagiannya disatukan. Selama ini hanya dalam bentuk laporannya saja yang menyatu. Memeang faktornya adalah letak geografis yang berjauhan walaupun satu kepenghuluan. “Saya berharap tahun ini agar bisa disatukan, baik kepanitiaan maupun pengumpulan dan pembagiaannya” harap supianto.

Sementara itu, Ketua DKM Suhardi Johar mengharapkan kepada semua peserta rapat agar mengikuti rapat ini dengan sungguh-sungguh, agar dapat menghassilkan keputusan yang betul-betul kita harapkan.

Rapat dipimpin oleh Ketua Seksi Zakat, Infak, Sodaqoh dan Qurban Nasaruddin. Beberapa agenda yang dibahas dalam rapat. Diantaranya pembentukan amil zakat, santunan anak yatim dan persiapan pelaksanaan shalat idul fitri 1438 H.

Kurang lebih memakan waktu 2 jam rapat berlangsung dan menghasilkan beberapa keputusan. Keputusan pertama terkat panitia amil zakat. Disepakati Ustadz Suprijal, S.Pd.I. Dan disepakati pula nominal yang zakat fitrah, secara umum diambil harga beras Rp. 11.000 perkilogram dengan total perjiwa Rp. 27.500. Namun tetap dikembalikan kepada masing jiwa tergantung beras apa yang dimakan dan zakat fitrahnya harap menyesuaikan yang tertera pada surat edaran Kemenag Rokan Hilir tentang qimah zakat fitrah 1438 H.

Mengenai santunan anak yatim akan dilaksanakan pada hari jumat (16/6). Jumlah anak yatim yang akan mendapat santunan untuk tahun ini belum ada data yang masuk ke panitia. Menunggu kiriman data dari RT/RW. Namun jika mengacu data anak yatim tahun lalu sebanyak 37 orang. Sementara dana untuk santunan anak yatim sebagaiman disampaikan bendahara masjid Khalil sebanyak Rp. 33.487.000.

Untuk agenda yang ketiga, persiapan pelaksanaan shalat idul fitri, mengingat waktu yang sudah larut malam, pembahasan ditunda dan akan dibahas pada rapar dua hari kedepan. (Nsh)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya