Kemenag Dumai Gelar Buka Puasa Bersama Kakanwil Beserta Rombongan

Ditulis Oleh riaudumai Kamis, 08 Juni 2017, 11:32

Dumai (Inmas) – Hari ke 9 pada Bulan Suci Ramadhan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Drs.H.Ahmad Supardi,MA beserta rombongan tiba di Kota Dumai sekitar pukul 16.00 WIB langsung menuju di Hotel Comfort Dumai, Minggu (04/06). Sesampainya di Hotel Comfort, Kakanwil Kemenag Riau beserta rombongan disambut hangat oleh Kakan Kemenag Dumai Drs.H.Syafwan didampingi Kasi, Penyelenggara dan Kepala KUA, serta Kepala Madrasah Negeri se-Kota Dumai.

Kedatangan Kakanwil beserta rombongan dalam rangka Silaturahmi dan Safari Ramadhan pada 5 Kab/Kota tahun 1438 H/2017 M yang salah satunya termasuk di Kota Dumai. Menjelang berbuka puasa, sekitar pukul 17.30 WIB, rombongan Kanwil Kemenag Riau dan rombongan Kemenag Dumai berkumpul di ruang malay, lantai II Hotel Comfort Dumai.

Dalam kesempatan itu, Kakan Kemenag Kota Dumai H.Syafwan mengucapkan selamat datang kepada Bapak Kakanwil beserta rombongan. Beliau mengucapkan terima kasih kepada Kakanwil yang telah hadir di Kota Dumai dalam rangka Silaturahmi dan Safari Ramadhan tahun ini. Ini merupakan kedatangan perdana Kakanwil di Kota Dumai pasca dilantiknya beliau 6 bulan yang lalu.

“Jadi kami sangat berterima kasih kepada Bapak Kakanwil dan rombongan atas kehadirannya di Kota Dumai yang dalam agenda Safari Ramadhan tahun ini di 5 Kabupaten/Kota termasuk di Kota Dumai,” tuturnya.

Bertepatan pada bulan juni merupakan lahirnya pancasila, dalam sambutannya, Kakanwil Kemenag Riau H.Ahmad Supardi mengatakan Pancasila adalah dasar falsafah negara Indonesia. Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia yang memiliki nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan Sosial. Nilai-nilai ini oleh bangsa Indonesia dinyatakan sebagai hasil kesepakatan untuk menjadi dasar negara, pandangan hidup, jati diri bangsa, dan ideologi negara  yang tidak dapat diubah oleh siapapun.

“Dengan demikian Pancasila tidak bertentangan dengan syariat Islam dan mengamalkan Pancasila sama dengan mengamalkan sebagian dari syariat Islam. Sila pada Pancasila tersebut bersifat universal dan bisa diamalkan oleh penganut agama dan kepercayaan lain. Keselarasan Pancasila dengan ajaran Islam juga tercermin dari kelima silanya yang selaras dengan ajaran Islam,” jelas Kakanwil.

Usai sambutan Kakanwil, tatkala mendengar Azan Maghrib yang dilantunkan oleh H.Syahruddin,S.Pd.I, dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan sholat maghrib berjamaah. Bertindak sebagai Imam, Kasi PHU Kemenag Dumai Bapak Drs.H.Zakaria,M.Pd.I.(jaka)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya