Bupati Bengkalis Hadiri Khatam Qur’an di MIN Jangkang

Ditulis Oleh riaubgkls Rabu, 24 Mei 2017, 09:44


Bengkalis (Inmas) Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Selasa (22/5/2017) menghadiri kegiatan khatam Alquran yang digelar Madrasah Ibtida’iyah Negeri (MIN) 1 Bengkalis, Desa Jangkang.

“Secara pribadi, kami benar-benar bangga dapat menyaksikan anak-anak kita di Jangkang ini, hari ini dengan wajah ceria. Mereka telah dapat membaca kitab suci al-qur’an dengan baik, serta dapat mengkhatamkannya. Kami berpesan agar anak-anakku sekalian benar-benar menjadikan qur’an sebagai tuntunan di manapun kalian berada,” demikian diungkapkan Amril Mukminin.

Lebih lanjutnya, Amril mengatakan kegiatan khatam Alquran, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sejak dini merupakan hal yang mutlak dilakukan. Terlebih di tengah berbagai perubahan yang juga meliputi dinamika dunia kaum atau generasi muda. Karena itu, melalui kegiatan ini, Bupati mengajak merapatkan syaf, bahu membahu bersama Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam meningkatkan kualitas kehidupan generasi muda Islam.

Karena khatam qur’an ini selaras dengan upaya agar tercapainya keseimbangan antara keberhasilan pembangunan fisik jasmaniah dan mental rohaniah, yang terus, sedang dan akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Keseimbangan tersebut diperlukan, bukan saja agar dampak negatif yang mungkin timbul dapat diminimalisir, tetapi juga bertujuan agar pelaksanaan dan keberhasilan pembangunan fisik yang dicapai, dapat terlaksana serta terpelihara dengan baik, sehingga memberikan manfaat optimal dalam waktu yang relatif lama.

Selain itu, kata Amril kegiatan khatam Alquran sebagai salah satu upaya untuk membentengi generasi muda islam dari berbagai pengaruh negatif kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang saat ini maju dan berkembang begitu pesat. Kegiatan seperti ini sangat diperlukan dan turut menentukan keberhasilan dalam mewujudkan generasi muda islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berjiwa qur’ani, berakhlak mulia, cerdas, kreatif, inovatif, bertanggung jawab dan memiliki jiwa kepemimpinan. Jadikan moment ini sebagai sarana atau media untuk mengembangkan semangat, gairah dan perjuangan, agar menjadi pribadi yang tangguh, sebagaimana yang telah di ajarkan dalam Al-qur’an. Menjadi pribadi yang memiliki akhlak yang ditauladankan Rasulullah SAW. Sebab dan seperti kita ketahui bersama, sebagaimana hadits yang diriwayatkan muslim, “akhlak Rasulullah adalah Al qur’an”. Karena itu, bagi kita para orang tua, kegiatan khatam Alquran hendaknya menjadi sumber inspirasi dan memberikan motivasi untuk selalu dan selalu rajin membacaAl qur’an. “Melalui program magrib mengaji, kepada para orang tua untuk menghiasi rumah tangga kita dengan lantunan ayat-ayat Al qur’an. Kita berikan contoh dan tauladan pada anak-anak kita, jangan justru sebaliknya. (ana/BO)


kembali ke daftar berita

Berita Lainnya